Setnov Segera Diganti, PKS Ngebet Copot Fahri

Senin, 11 Desember 2017 – 18:54 WIB
Wakil Ketua DPR Fahri Hamzah. Foto: dokumen JPNN.Com

jpnn.com, JAKARTA - Fraksi Partai Keadilan Sejahtera (FPKS) DPR telah melayangkan surat ke pimpinan lembaga legislatif. Isinya adalah menarik Fahri Hamzah dari posisi wakil ketua DPR.

Surat dari FPKS untuk menarik Fahri itu terungkap dalam rapat paripurna DPR, Senin (11/12). Dalam paripurna itu, Wakil Ketua DPR Fadli Zon membacakan surat-surat yang masuk ke pimpinan.

BACA JUGA: PKS Pengin Copot Fahri Hamzah dari Wakil Ketua DPR

"Pimpinan DPR menerima enam surat," kata Fadli di meja pimpinan paripurna.

Surat pertama adalah dari Ketua DPR Setya Novanto bertanggal 6 Desember 2017. Kedua, surat DPP Golkar Nomor B1482/Golkar/12/2017 bertanggal 8 Desember 2017 perihal pemberhentian dan penggantian Setya Novanto selaku ketua DPR RI dari partai berlambang beringin hitam itu.

BACA JUGA: Aziz Syamsudin Itu Orangnya Novanto

Ketiga, surat dari Fraksi Partai Golkar  nomor INT.1674/FPG/DPRRI/12/2017 bertanggal 8 Desember 2017 perihal pergantian ketua DPR RI. Keempat, surat Fraksi Partai Golkar nomor INT.00743/FPG/DPPRI/12/2017 bertanggal 8 Desember 2017 perihal pemberitahuan terkait pergantian ketua DPR yang ditujukan kepada pimpinan DPR RI.

Kelima, surat Fraksi Partai GolkR DPR RI nomor INT.001743/FPG/DPPRI/12/2017 bertanggal 8 Desember 2017 perihal pembatalan surat yang ditujukan kepada pimpinan DPR RI.

BACA JUGA: Aziz Batal Gantikan Novanto, Kursi Ketua DPR Kosong

Yang keenam adalah surat dari pimpinan Fraksi Partai Keadilan Sejahtera nomor 09/est-FPKS/DPRRI/12/2017 tertanggal 11 Desember 2017  perihal tindak lanjut surat DPP PKS. "Untuk  surat surat tersebut sesuai dengan peraturan DPR RI Nomor 1 Tahun 2014 tentang Tata Tertib akan dibahas lebih lanjut sesuai mekanisme yang berlaku," kata Fadli.

Namun, salah satu anggota FPKS DPR Tubagus Soenmandjaja langsung menginterupsi paripurna. Dia meminta Fadli menjelaskan lebih detail soal surat FPKS.

"Pimpinan tadi kurang jelas sedikit pimpinan. Surat dari PKS itu kurang jelas tadi, jelaskanlah pergantian pimpinan dari Saudara Fahri Hamzah. Terima kasih," kata Soenmandjaja.

Namun, Fadli tak menanggapi interupsi Soenmandjaja.

Sebelumnya usai rapat Badan Musyawarah (Bamus) DPR, Sekretaris Fraksi PKS Sukamta mengungkapkan adanya surat dari DPP partainya ke fraksi. Selanjutnya, surat itu diteruskan ke pimpinan DPR dan dibacakan di rapat Bamus.

"Fahri tidak ada masalah tapi belum ada yang menanggapi," katanya.(boy/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Mau Aziz Syamsuddin Atau Bukan, Begini Sikap FPAN


Redaktur & Reporter : Boy

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler