Seusai Sambangi Kantor Kedubes Amerika, Ketum GMKI Berangkat ke Jerman

Rabu, 22 Juni 2022 – 16:33 WIB
Pengurus Pusat Gerakan Mahasiswa Kristen Indonesia menyambangi Kantor Kedutaan Besar Amerika Serikat untuk Indonesia di Jakarta, Rabu (22/6). Foto: Dok. GMKI

jpnn.com, JAKARTA - Pengurus Pusat Gerakan Mahasiswa Kristen Indonesia menyambangi Kantor Kedutaan Besar Amerika Serikat untuk Indonesia di Jakarta, Rabu (22/6).

Dalam pertemuan tersebut, Ketua Umum GMKI Jefri Edi Irawan Gultom didampingi jajaran pengurus GMKI, di antaranya Ketua Bidang Hubungan Internasional Fawer Full Fander Sihite, Ketua Bidang Media dan Komunikasi Indrawanto.

BACA JUGA: PP GMKI Sambangi Kantor Kedubes Singapura, Ada Apa?

Selain itu, Ketua Bidang Litbang Martin Mumbunan. Kemuedian Felix Sekfung Gereja, Arihans Sekfung Ekraf dan Sefty Purba selaku Tim Work Bidang Hubungan Internasional GMKI.

Dubes Amerika untuk Indonesia diwakili oleh Political Counselor Kyle Richardson, atase kebudayaan Ibu Emily Norris, dan political officer Kedutaan Amerika Gregory Bauer.

BACA JUGA: PP GMKI Kunjungi Kedubes Jerman Untuk Indonesia, Nih Agendanya

"Pertemuan ini sebagai wujud kolaborasi program antara PP GMKI dan Kedutaan Amerika,” kata Jefri Gultom.

Jefri menjelaskan kolaborasi program yang dimaksud berupa kegiatan bersama dan rencana kunjungan ke Amerika untuk belajar seputar teknologi, kolaborasi program interfaith dialog, pertukaran mahasiswa, program magang dan lainnya.

BACA JUGA: Bahas Konflik Rusia - Ukraina, PP GMKI Lakukan Ini Besok

Menurut Jefri, presentasi pemuda di Amerika sebagai penghasil teknologi cukup baik sehingga pihaknya bisa banyak belajar.

“Jika ada kesempatan kami ingin belajar teknologi dan pertukaran mahasiswa serta program beasiswa,” ujar Jefri Gultom.

Jefri Gultom juga menyampaikan banyak peluang kerja sama yang dapat kita bangun antara GMKI dan Kedutaan Amerika.

“Kami memiliki 110 cabang se-Indonesia dan ribuan kader, tentu ini menjadi peluang untuk kita dapat berkolaborasi program, di Indonesia kita punya banyak cabang yang terbentang dari Aceh hingga Merauke," tegas Jefri.

Kedutaan Amerika pun mengapresiasi pertemuan yang berlangsung sekitar 90 menit tersebut.

"Kami sangat senang dapat kunjungan dari teman-teman GMKI, semoga rencana kolaborasi ini akan terus berlanjut, tentu kami sangat terbuka untuk kerja sama,” kata Kyle Richardson selaku political Counselor Kedutaan Amerika.

Kedutaan Amerika juga mengatakan akan menindaklanjuti hasil pertemuan hari ini.

“Nanti, kami akan tindak lanjuti hasil pertemuan ini agar bisa diterjemahkan dalam bentuk kerja sama yang konkret," ujar Richardson

Pada akhir pertemuan Ketua Umum GMKI memberikan buku serta Noken asal Papua sebagai bentuk persahabatan.

“Noken ini sebagai simbol persahabatan GMKI dengan Kedutaan Amerika,” ujar Jefri Gultom.

Mahasiswa Pascasarjana Universitas Indonesia itu mengatakan seusai dari pertemuan dengan Kedutaan Amerika Serikat, dirinya akan berangkat ke Jerman.

"Setelah pertemuan ini, saya akan berangkat ke Jerman untuk menghadiri pertemuan General Assembly WSCF yang akan dihadiri 120 negara,” ujar Jefri.

Jefri mengaku dirinya satu-satunya delegasi dari Indonesia yang ikut dalam pertemuan tersenut. Dia pun mendapat kesmepatan untuk mempresentasikan aspirasinya selama sekitar 30 menit.(fri/jpnn)


Redaktur & Reporter : Friederich Batari

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler