Siap Siaga Karhutla Sumsel, Herman Deru Libatkan 1.120 Personel Gabungan

Kamis, 18 Mei 2023 – 11:58 WIB
Gubernur Sumsel H Herman Deru memimpin langsung apel kesiapan personel dan peralatan untuk penguatan kapasitas kawasan dalam pencegahan kesiapsiagaan Karhutla. Foto: Dok Pemprov Sumsel

jpnn.com, JAKARTA - Gubernur Sumsel H Herman Deru memimpin langsung apel kesiapan personel dan peralatan untuk penguatan kapasitas kawasan dalam pencegahan dan kesiapsiagaan penanggulangan bencana kebakaran hutan dan lahan (karhutla) di Provinsi Sumsel 2023.

Apel tersebut digelar di Halaman Griya di Agung Palembang, Rabu (17/5).

BACA JUGA: Upaya AKBP Andrian dan Tim Gabungan Padamkan Karhutla Membuahkan Hasil

Adapun apel kesiapsiagaan karhutla melibatkan 1.120 personel terdiri dari TNI/Polri, Dinas Perkebunan, Dinas Kehutanan, Dinas Sosial, Dinas Pehubungan, BPBD, Satpol PP, Damkar, Kwarda Pramuka, Dinas Kesehatan, Ketua RPK Sinarmas Group, Balai PPI Karhutla wilayah Sumsel serta dinas dan instansi terkait lainnya.

Herman Deru mengatakan apel itu adalah tidak lanjut dari status siaga darurat Karhutla yang sudah ditetapkan Pemprov Sumsel pada pertengahan Maret 2023 lalu.

BACA JUGA: 20 Saksi Diperiksa Terkait Karhutla di Dumai

Menurutnya, di dalam pencegahan dan kesiapsiagaan ini semua elemen diajak untuk tetap bersiaga. 

"Alhamdulillah semua pihak peduli terhadap penanganan karhutla ini. Sejak 2020, 2021, dan 2022. Insyaallah pada 2023 ini kami bisa mengendalikan karhutla sehingga asap tidak menyebar khususnya ke Ibu Kota Provinsi Sumsel, di mana disitu banyak objek vital lalu lintas udara," harapnya.

BACA JUGA: Polres Rohil dan Kodim 0321 Bersama Tempur Karhutla Langsung Padam, Lihat

Herman Deru pun mengapresiasi kepada semua pihak yang telah terlibat dalam pencegahan karhutla.

Sebab, seluruh elemen masyarakat ikut serta dalam penguatan kapasitas kawasan untuk pencegahan dan kesiapsiagaan penanggulangan bencana karhutlah.

BNPB juga memberikan dukungan dengan bantuan helikopter. 

"Kami ucapkan terima kasih, tadi menerima bantuan helikopter dari BNPB," ujarnya. 

Herman Deru menyebutkan tahun ini sudah telapor pernah terjadi 555 hotspot di wilayah Sumsel, tetapi semua titik api tersebut bisa dikendalikan. 

"Terima kasih kepada semua pihak termasuk masyarakat sampai dengan tingkat di lapangan seperti petani dengan kesadarannya tidak membakar lahan," tambahnya.

Selain itu, Badan Restorasi Gambut yang sudah memberikan bantuan sekat kanal di beberapa kabupaten rawan karhutla. 

"Di mana sekat kanal ini selain membatasi gerak api terjadi kebakaran di lahan gambut tetapi airnya dapat dimanfaatkam untuk keperluan water bombing," tandasnya.

Kepala BPBD Sumsel H Iriansyah melaporkan apel kali ini berdasarkan surat keputusan Gubernur Sumsel nomor 269/KPTS/BPBD-SS/2023 tanggal 14 Maret 2023 tentang penetepan status siaga darurat bencana asap akibat Karhutla di Provinsi Sumsel.

Apel bertujuan untuk meningkatkan kesiapsiagaan personil dan peralatan dalam penecegahan karhutla.

"Kemudian optimalisasi peran, tugas dan fungsi tanggung jawab masing-masing OPD terkait dalam upaya pencegahan dan pengendalian karhutla di Sumsel mulai dari desa, kecamatan, kabupaten, provinsi dan pusat," paparnya

Dia memerinci peserta apel kesiapsiagaan merupakan gabungan dari berbagai unsur dengan jumlah 1.120 personil terdiri atas TNI/Polri, Dinas Perkebunan, Dinas Kehutanan, Dinas Sosial, Dinas Perhubungan, BPBD, Satpol PP, Damkar, Kwarda Pramuka, Dinas Kesehatan, Ketua RPK Sinarmas Group, Balai PPI Karhutla Wilayah Sumsel serta Dinas dan Instansi terkait lainnya.

Seusai Gubernur Sumsel Herman Deru bersama Deputi Penanganan Darurat BNPB Mayjen TNI Fajar Setyawan dan Kapolda Sumsel, Irjen Pol A.Rachmad Wibowo meninjau sejumlah peralatan berupa kendaraan operasional, rescue dan truck, kendaraan roda dua yang dimodifikasi dengan paralatan pemadam, mesin pompa apung, pompa jinjing dan perlengkapan berupa selang, penyemabung nozzle, penampung air serta lainya kemudian peralatan komunikasi.

Adapun bantuan pemadaman karhutla dari HTI Sinarmas Group berupa 3 unit helikopter patroli, Helikopter Water Bombing.  3 unit helikopter dari BNPB berupa 1 unit helikopter patroli dan 2 unit helikopter water bombing.(jpnn)


Redaktur & Reporter : Elvi Robiatul

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Tag
karhutla   Sumsel   BNPB   Herman Deru  

Terpopuler