Siap-Siap, Gerhana Bulan Total 50 Menit

Selasa, 06 Desember 2011 – 09:58 WIB

PALEMBANG--Pada 10 Desember nanti, prediksi astronomi akan terjadi gerhana bulan totalHal ini sama dengan data empiris hisab rukyat 2011 yang dikeluarkan Direktorat Urusan Agama Islam dan Pembinaan Syariah Kementerian Agama RI.

“Tidak selama gerhana bulan Juni lalu yang mencapai 100 menit

BACA JUGA: Ditemukan 9 Juta Data KTP Ganda

Ini hanya sekitar 50 menit saja,” ujar Kakanwil Kemenag Sumsel Drs H Najib Haitami MM melalui staf tim hisab rukyat Jamilul Achmadi SAg, kemarin (5/11).

Menurut Jamilul, proses gerhana bulan total 10 Desember nanti termasuk cukup panjang
Bulan mulai masuk penumbra (bayang semu di sekitar umbra) pada 18.33.36 WIB (pukul 18

BACA JUGA: KPK Baru Belum Teruji Hadapi Mafia Kasus Besar

33 menit
36 detik) dan bulan keluar penumbra pada pukul 00.29.57 WIB.

Gerhana bulan total merupakan peristiwa dimana seluruh penampang bulan tertutupi oleh bayangan bumi

BACA JUGA: Gerakan Gender Lawan Rektor UI

Peristiwa ini terjadi saat matahari,  bumi  dan bulan berada dalam satu garis lurus sehingga sinar matahari yang mestinya menyinari bulan terhalang oleh bumi

Bulan masuk umbra (bayangan pusat atau inti gelap) pada pukul 19.45.43 WIB“Awal gerhana bulan pada pukul 21.06.16 WIB dan puncak gerhana pada 21.31.49 WIB,”ucapnyaSedangkan akhir gerhana bulan total pada 21.57.24 WIB dan bulan keluar dari umbra pada 23.17.58 WIB.

Gerhana bulan total 10 Desember ini dapat disaksikan dari seluruh wilayah Indonesia sejak awal hingga akhirnya gerhanaTentu saja jika cuaca dalam kondisi bagusTerkait kejadian alam ini, Kanwil Kemenag Sumsel mengirimkan edaran kepada seluruh kepada Kantor Kemenag kabupaten/kota se-Sumsel.

Intinya meminta agar Kemenag kabupaten/kota menyosialisasikan kepada masyarakat tentang gerhana bulan total yang akan terjadi pada 10 Desember itu“Sekaligus mengimbau kepada masyarakat agar melaksanakan shalat khusuf (shalat gerhana bulan) di setiap masjid/mushola,”imbuh Jamilul.

Diketahui, gerhana bulan total pertama tahun ini terjadi pada 16 Juni laluKejadian alam spektakuler ini dapat diamati di sebagian besar Amerika Selatan, Eropa, Afrika, Asia dan AustraliaGerhana bulan tersebut berdurasi fase gerhana total 1 jam 40 menit 52 detik, fase kontak umbra 3 jam 39 menit 58 detik dan fase kontak penumbra 5 jam 39 menit 10 detik.(46)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Kemenhub Surati Meneg BUMN


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler