Siap Tinggalkan The Blues

Jumat, 07 September 2012 – 06:42 WIB
Ashley Cole. Foto: Getty Images
LONDON - Keberadaan Ashley Cole di Chelsea dalam posisi yang tidak menentu. Bek kiri tim nasional Inggris tersebut dikabarkan bakal hengkang dari klub berjuluk The Blues musim depan.
 
Cole gerah dengan kebijakan owner Chelsea Roman Abramovich yang hanya mau memperpanjang pemain berusia di atas 30 tahun dengan durasi satu tahun. Desember mendatang, Cole akan genap berusia 32 tahun.  
 
Kalau menolak memperpanjang kontrak, status Cole Januari mendatang adalah bebas transfer. "Tuan Abramovich memiliki aturan bahwa siapa pun yang berusia di atas 30 tahun hanya diberikan perpanjangan kontrak satu tahun. Namun untuk kasus Ashley, hal tersebut gila. Ahsley masih yang terbaik di posisi kiri" ucap sumber Chelsea kepada Taboid Inggris The Sun.
 
Sumber tadi mengatakan bahwa Cole berlatih sangat keras. Dia memperlihatkan dirinya masih bisa bermain dengan level yang sama untuk beberapa tahun ke depan. "Tidak ada klub di dunia ini yang menolak tanda tangan Cole jika statusnya gratis," imbuhnya.
 
Di Chelsea, posisi Cole di sisi kiri pertahanan tidak pernah tergantikan. Dia dibeli Chelsea dari rival sekotanya Arsenal pada 2006 dengan harga GBP 20 juta (sekitar Rp 304, 891 miliar).
 
Transfer tersebut menghebohkan. Fans Arsenal menuduh Cole mata duitan. Sebab sebelumnya, Cole dikabarnya tidak puas dengan gaji yang hanya GBP 55 ribu per pekan (sekitar Rp 838 juta) di Arsenal. Bahkan Cole sempat menghancurkan mobilnya karena merasa gajinya terlalu kecil. 
 
Status mengambang itu membuat sejumlah klub tertarik memanfaatkan situasi. Pelatih Real Madrid Jose Mourinho dikabarkan tertarik untuk merekrut mantan anak asuhannya tersebut.
 
Sudah bukan rahasia lagi bahwa Mourinho adalah pengagum Cole. Pelatih asal Portugal itulah yang berusasah payah mendatangkan Cole ke Stamford Bridge " kandang Chelsea.
 
Setalah membesut Real Madrid, ketertarikan Mourinho tidak surut. Bahkan pada awal 2010, Abramovich sempat melontarkan peryantaan terbuka agar Mourinho menjauhi Cole.
 
Sementara itu, klub lain juga tertarik untuk menggaet Cole. Klub kaya baru dari Prancis, Paris St Germain siap menggelontorkan banyak uang. Juara bertahan Liga Rusia Zenit St. Petersburg juga dikabarnya siap membawa uang besar untuk menggoda Cole. 
 
Chelsea tampaknya sudah siap kehilangan Cole. Indikasinya, juara Liga Champions musim lalu itu memperpanjang kontrak Ryan Bertrand selama lima tahun. Bertrand yang bermain di sisi kiri diproyeksikan untuk menggantikan peran yang ditinggalkan Cole.
 
Bertrand memulai debut fantastis dengan langsung bermain di final Liga Champions. Selain itu, pemain 23 tahun tersebut juga melakukan debut bersama tim nasional Inggris saat melawan Italia bulan lalu.
 
Pemain lain yang siap hengkang adalah winger asal Prancis Florent Malouda. Saat ini pemain 32 tahun itu sedang kecewa berat dengan Chelsea. Sebab, dia dicoret dari tim utama.
 
Malouda hanya diberi kesempatan untuk berlatih bersama tim U-21. "Di sinilah saya akan berlatih di musim terakhir saya bersama The Blues !!!," tulis Malouda di akun Twitter miliknya. (nur/ruk)
BACA ARTIKEL LAINNYA... Tibo-Wanggai Tak Disanksi

Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler