Siapa Bilang Ganjar Antitesis Jokowi soal Piala Dunia U-20? Begini Kata Sekjen PDIP

Jumat, 31 Maret 2023 – 02:00 WIB
Sekretaris Jenderal PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto. Foto: Aristo/JPNN

jpnn.com, JAKARTA - Sekretaris Jenderal PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto menyebut sikap Ganjar Pranowo yang menolak keikutsertaan Israel pada Piala Dunia U-20 tidak bisa diartikan Gubernur Jawa Tengah itu sebagai antitesis Presiden Joko Widodo atau Jokowi.

Hasto menyebut Ganjar dan Gubernur Bali I Wayan Koster bersama Jokowi dan Ketum PDIP Megawati Soekarnoputri punya pandangan yang sama.

BACA JUGA: Hasto Sebut Aksi Kader PDIP Tolak Israel Tampil di Piala Dunia U-20 Dilandasi Ideologi

"Antara Presiden Jokowi kemudian Ibu Megawati, Pak Koster, dan Pak Ganjar, kami semua kader itu senafas," kata dosen Universitas Pertahanan (Unhan) itu di kawasan Stadion Gelora Bung Karno (SUGBK), Jakarta Pusat, Kamis (30/3).

Hasto mengatakan Indonesia tidak menyangka Israel bisa menembus Piala Dunia U-20 setelah lolos dalam pertandingan kualifikasi.

BACA JUGA: PDIP Terima Konsekuensi Tolak Israel, Hasto Bicara soal Pemimpin di Atas Pasir

Indonesia, kata dia, tentu memiliki sistem antisipasi jika tahu Israel diketahui secara dini menjadi peserta Piala Dunia U-20.

Sebab, lanjut pria kelahiran Yogyakarta itu, Indonesia adalah negara yang tidak mengakui Israel karena menjadi bangsa penjajah Palestina.

BACA JUGA: Hasto Anggap Jokowi Sudah Sejalan dengan PDIP soal Sepak Bola dan Politik

"Ada kebijakan diplomatik yang fundamental bahwa dalam bidang apa pun kita tidak membuka ruang dengan Israel," ujar dia.

Sebelumnya, FIFA resmi mencabut status Indonesia sebagai tuan rumah Piala Dunia U-20 pada Rabu kemarin.

"Melihat kondisi terkini, FIFA telah memutuskan menghapus Indonesia sebagai tuan rumah Piala Dunia U-20 2023," ujar siaran pers di laman resmi organisasi yang bermarkas di Zurich, Swiss itu.

Adapun, FIFA sebelum mencabut status tuan rumah, lebih dahulu membatalkan agenda pengundian grup Piala Dunia U-20 di Bali yang rencananya digelar pada 31 Maret 2023.

Organisasi yang dipimpin Giovanni Vincenzo Infantino itu membatalkan agenda pengundian setelah muncul penolakan I Wayan Koster terhadap keikutsertaan Israel pada Piala Dunia U-20.

Belakangan Ganjar Pranowo juga bersuara untuk menolak keikutsertaan Israel pada hajatan FIFA pada Mei-Juni 2023 itu. (ast/jpnn)

Simak! Video Pilihan Redaksi:

BACA ARTIKEL LAINNYA... PDIP Hanya Menolak Israel Bermain di Indonesia, Sama Seperti FIFA Mencoret Rusia di Piala Dunia


Redaktur : Fathan Sinaga
Reporter : Aristo Setiawan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Tag
Jokowi   Hasto   PDIP   Ganjar   Megawati  

Terpopuler