Siapa Menpora Pengganti Zainudin Amali? Nih Jawaban Presiden Jokowi, Ternyata

Selasa, 21 Februari 2023 – 10:37 WIB
Presiden Jokowi menanggapi kabar Zainudin Amali mengundurkan diri dari jabatan menpora. Ilustrasi Foto: Ricardo/dok.JPNN.com

jpnn.com - JAKARTA - Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Menpora Zainudin Amali pada Senin (20/2) mengatakan Presiden Jokowi telah mengizinkan dirinya untuk fokus dan konsentrasi mengurus sepak bola nasional.

Pernyataan tersebut dimaknai bahwa Zainudin Amali mengundurkan diri dari jabatan menpora setelah terpilih sebagai Wakil Ketua Umum I PSSI.

BACA JUGA: Teka-teki Zainudin Amali, Bola Ada di Jokowi, Golkar Ready?

Ditanya mengenai hal tersebut, Presiden Jokowi mengaku belum menerima secara resmi surat pengunduran diri Zainudin Amali.

"Secara resmi belum, tertulis belum, informal sudah," kata Presiden Jokowi di Jalan Inspeksi Ciliwung, Jakarta pada Selasa (21/2).

BACA JUGA: Zainudin Amali Kantongi Izin Jokowi untuk Mundur dari Jabatan Menpora

Menpora Zainudin Amali terpilih sebagai Wakil Ketua Umum (waketum) I PSSI pada Kongres Luar Biasa (KLB) PSSI pada Kamis (16/2).

Dalam KLB itu, terpilih sebagai Ketua Umum PSSI yakni Erick Thohir yang juga Menteri BUMN, dan Wakil Ketua II PSSI dijabat Ratu Tisha.

BACA JUGA: Media Kenamaan Italia Sorot Terpilihnya Erick Thohir Sebagai Ketum PSSI

Karena belum ada surat pengunduran diri secara resmi, maka Presiden Jokowi belum memutuskan nama menpora pengganti Zainudin Amali.

"Gantinya kalau sudah ada resminya, baru saya bicara," ujar Presiden Jokowi.

Saat memberikan keterangan kepada wartawan pada Senin, Amali menolak memberi penjelasan rinci dan menyerahkan kepada wartawan untuk menafsirkan situasi dan pernyataan yang sudah dia jelaskan.

"Sudah, jangan dijelaskan panjang-panjang lagi itu. Masa kalian tanya lagi. Jadi, beliau (Presiden) sudah mengizinkan saya untuk fokus dan konsentrasi mengurus sepak bola mendampingi Pak Erick Thohir, Ratu Tisha, dan teman-teman Exco PSSI," kata Menpora pada Senin (20/2).

Sekretaris Kabinet Pramono Anung mengatakan Zainudin Amali sudah mendapat izin dari Presiden untuk menjadi Waketum I PSSI.

Pramono juga meminta wartawan untuk menafsirkan saja pernyataan Amali terkait keberlanjutan posisi kader Golkar itu sebagai menpora.

“Nah, kalau Pak Zainudin Amali sudah menyampaikan itu, maka ya tafsirnya seperti yang disampaikan Pak Zainudin Amali. Jadi tinggal ditunggu saja,” kata Pramono. (antara/jpnn)

Jangan Lewatkan Video Terbaru:


Redaktur & Reporter : Soetomo Samsu

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler