Siapkan Jagielka Ganti Barry

Selasa, 29 Mei 2012 – 08:29 WIB

LONDON - Manajer timnas Inggris Roy Hodgson harus memutar otak hingga saat-saat terakhir jelang pengumuman skuad yang dibawa ke Euro 2012. Penyebab utamanya belum didapatnya kepastian kondisi Gareth Barry yang cedera saat laga uji coba melawan Norwegia.

Barry mengatakan pada Hodgson untuk segera menjalani scan pada cedera pangkal paha yang membuatnya hanya bermain 27 di laga tersebut. Tujuannya, mengetahui dengan pasti seberapa parah cedera tersebut. Hodgson dan Barry sama-sama berpacu dengan waktu hingga siang hari ini waktu setempat atau malam WIB yang menjadi batas terakhir pengumuman skuad ke Polandia-Ukraina.

Hodgson harus segera memutuskan. Dia membutuhkan kejujuran dari gelandang jawara Premier League Manchester City itu. Salah satu sebabnya, hasil scan  tak selalu memberikan info akurat seberapa parah cedera hingga waktu recovery yang dibutuhkan.

"Kami cuma punya beberapa hari saja untuk membuat keputusan dan tak bisa mengambil risiko apa pun. Dia seorang individu yang jujur. Di saat hasil scan tak bisa memberi jawaban, kami harus terlibat diskusi yang sangat serius dengannya," ungkap Hodgson seperti dikutip Telegraph.

Sebenarnya Hodgson tak terlalu khawatir jika benar-benar harus meninggalkan Barry. Masih banyak pemain yang bisa melengkapi skuad 23 pemain Inggris. Namun, kandidat kuat calon pengganti Barry bukanlah pemain tengah.

Nama defender Everton Phil Jagielka justru mengemuka. Hal itu sangat dimengerti terutama karena di posisi gelandang ada banyak nama, termasuk dua pemain yang biasa bergantian dengan Barry di timnas, Phil Jones (Manchester United) dan James Milner (Manchester City). Sementara, di barisan belakang, baru ada tujuh pemain yang masuk dalam daftar.

Penampilan mengesankan yang ditunjukkan Jagielka saat melawan Norwegia turut memberi nilai plus. Duetnya dengan mantan rekan setimnya di Everton, Joleon Lescott menjadi jaminan keamanan. Bukti lainnya adalah ketika Inggris mengalahkan juara dunia Spanyol dalam laga uji coba November 2011.

"Saya bersiap untuk menyusun ulang skuad. Saya tak perlu mengganti gelandang dengan gelandang lain, karena di lini tengah sudah dipenuhi pemain bertipe sama," terang Hodgson.

Selain masalah yang terkait dengan Barry, nampaknya Inggris sudah tak mengalami gangguan fisik. Scott parker yang sebelumnya diragukan kondisinya, sama sekali tak terlihat menahan sakit akibat cedera Achilles yang dideritanya. Pemain Tottenham Hotspurs itu menunjukkan kebugarannya dengan bermain energik selama 60 menit.

Begitu pula dengan kondisi striker Danny Welbeck (Manchester United) dan fullback Glen Johnson (Liverpool). "Saya tak perlu mencemaskan Glen Johnson, juga Danny Welbeck. Kami sudah memutuskan. Saya yakin mereka akan jauh lebih bugar saat berada di pesawat menuju Polandia," kata Hodgson. (ady)
BACA ARTIKEL LAINNYA... Patahkan Tradisi Empat Gol


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler