Siapkan Tribun Penyandang Cacat

Selasa, 05 Juni 2012 – 09:00 WIB

SEPAKBOLA selayaknya tak hanya menjadi tontonan masyarakat yang beruntung. Panitia Euro 2012 Polandia-ukraina rupanya cukup tanggap dan peduli dengan para penonton yang nanti akan datang ke Stadium.

Konfederasi sepak bola Eropa, UEFA, melakukan kerja sama dengan panitia dan Centre for Access to Football in Europe (CAFE)untuk menyiapkan tribun khusus bagi penyandang cacat. 

"UEFA telah bermitra dengan CAF" untuk memastikan pendukung yang cacat bisa menikmati turnamen dengan fasilitas akses penuh," tulis UEFA dalam situs resminya.

Karena itu, dalam pembagian kursi venue Euro 2012, selalu disertakan daftar kuris yang dipersiapkan untuk para penyandang cacat. Dengan begitu, mereka diharapkan bsia menonton dengan nyaman dan bisa menikmati pertandingan layaknya penonton yang normal.

Sayang, dalam situs resmi tidak semua stadion menyebutkan berapa kapasitas tempat duduk bagi penyendang cacat yang disiapkan. Di National Stadium, disipakan 106 kursi untuk para penyandang cacat. Demikian juga di PGE Arena, ada sekitar 50-an kursi khusu penyandang caacat.

Di Municipal Stadium Worclaw, para penyadnang caact mendaaptkan fasilitas lebih, ada 102 fasilitas untuk penyadnang cacat. Tapi, 50 diantaranay dipersiapkan khusus bagi mereka yang  bermasalah dengan pengelihatan dan pendengaran.

Selain menyiapkan kursi, Lviv Arena menjadi salah satu stadion yang menyiapkan jalur yang cukup lebar bagi para penonton sehingga memungkinkan untuk bisa berjalan bebas. Tentu saja, jalur ini juga bisa memudahkan para penyandang  cacat. (aam)
BACA ARTIKEL LAINNYA... Polri Himbau Organisasi Suporter Bina Anggota


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler