Siasati Masa Pandemi, Para Guru Patut Mencoba Cara Satu Ini

Rabu, 26 Agustus 2020 – 18:23 WIB
Wali Kota Padang Mahyeldi. (Antara/HO)

jpnn.com, PADANG - Para guru musti lebih kreatif dalam menyiasati proses belajar mengajar di masa pandemi COVID-19. Sebab, tidak semua sekolah dibolehkan melaksanakan pembelajaran d ruang kelas.

Wali Kota Padang Mahyeldi Ansharullah menyebutkan, para guru dituntut untuk lebih kreatif dalam memanfaatkan model pembelajaran yang ada.

BACA JUGA: Ketua MPR: Tolong Pertimbangkan WFH Bagi Guru, Beri Perhatian Lebih

"Hingga saat ini proses belajar tatap muka belum bisa diberlakukan di Kota Padang, para guru harus berupaya agar pembelajaran daring tetap efektif," kata Mahyeldi saat Rapat Koordinasi Kepala Sekolah Dasar (SD) se-Kota Padang, Rabu (26/8).

Selain menerapkan pembelajaran jarak jauh atau PJJ dengan sistem dalam jaringan (daring). salah satu cara yang disodorkan Mahyeldi ini patut untuk dicoba para guru.

BACA JUGA: Kemendikbud Diminta Tertibkan Situs Penyedia Pendidikan Daring

Menurut Mahyeldi, salah satu inovasi yang perlu dihadirkan adalah dengan memberlakukan sekolah alam. Cukup banyak tempat-tempat yang bisa dikunjungi dan dapat dijadikan sebagai media untuk menimba ilmu oleh peserta didik.

Dia pun memberikan contoh sejumlah lokasi alam yang bisa dijadikan untuk menimba ilmu. Tentunya, daerah lain di Indonesia juga punya hal yang sama.

BACA JUGA: Webinar Percepatan Penyaluran Dana BOS Reguler Kemendikbud, Sekolah Sebaiknya Ikut

"Misalnya, di depan Hotel Grand Inna Padang ada Tugu Gempa dan Museum Aditiawarman, Kemudian kawasan pertanian di Lubuk Minturun, dan tempat-tempat yang memiliki nilai sejarah lainnya," katanya.

Dia mengakui masih banyak kendala yang dihadapi dalam proses belajar secara daring, salah satunya kendala akses internet.

Kendala ini pun mulai disiasati oleh Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Kota Padang dengan memasang sebanyak 125 titik jaringan internet gratis yang bisa dimanfaatkan masyarakat.

Selain itu, Pemkot Padang juga tengah merancang untuk memasang internet gratis di 11 masjid yang berlokasi di 11 kecamatan di Kota Padang.

Maka dari itu, Mahyeldi berharap prestasi sekolah maupun peserta didik jangan sampai turun meski ada pandemi. Segala potensi dalam bidang pendidikan harus dikerahkan.

"Saya minta prestasi jangan sampai turun selama pandemi COVID-19. Untuk itu kepada Dinas Pendidikan Kota Padang, seluruh metode dan sarana prasarana harus disediakan untuk peningkatan prestasi," pintanya.(Antara/jpnn)

Yuk, Simak Juga Video ini!


Redaktur & Reporter : M. Fathra Nazrul Islam

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler