Sikap Dunia Tentang Papua Sudah Kondusif

Jumat, 24 Mei 2013 – 01:17 WIB
JAKARTA - Komisi I DPR mengadakan rapat gabungan guna membicarakan mengenai persoalan Papua. Rapat itu diantaranya dihadiri oleh Menteri Luar Negeri Marty Natalegawa, dan Kepala Badan Intelijen Negara (BIN) Marciano Norman.

Usai rapat yang berlangsung tertutup bagi wartawan tersebut, Ketua Komisi I DPR Mahfudz Siddiq mengatakan, sikap dunia internasional terkait isu Papua sudah mulai kondusif.

"Dipaparkan Kementerian Luar Negeri dan Kepala BIN, sikap dunia maupun forum internasional terhadap isu Papua telah bergeser ke arah kondusif," ujar Mahfudz di DPR, Jakarta, Kamis (23/5).

Menurut Mahfudz, ada penegasan secara diplomatik bahwa dunia dan forum internasional mendukung keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) dan tidak mendukung separatisme.

Namun demikian mendorong penguatan diplomasi saja tidak cukup. Politikus Partai Keadilan Sejahtera itu menerangkan, perlu ada penyelesaian konflik Papua secara internal.

"Perlu akselerasi isu penyelesaian Papua secara internal dengan pendekatan komprehensif. DPR harus membahas dari dimensi diplomasi internasional, security, pemerintahan daerah dan pembangunan di berbagai sektor," pungkasnya. (gil/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Dirut Master Stell Laporkan Penyidik KPK ke Komite Etik

Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler