Sikat Alexis, Elektabilitas Anies Bakal Meningkat

Selasa, 31 Oktober 2017 – 13:52 WIB
Anies Baswedan dan Sandiaga Uno. Foto: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Keputusan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dan wakilnya, Sandiaga Uno, menghentikan izin usaha Hotel Alexis bakal membuat mereka makin moncer.

Dampak paling besar bakal dirasakan Anies yang disebut-sebut memiliki peluang maju Pilpres 2019.

BACA JUGA: Hmmm... Alexis Bantah Jalankan Bisnis Prostitusi

"Dapat dipastikan dampak politiknya bagi Anies adalah the power of legitimation. Umat Islam Jakarta, para ulama yang sejak awal mendampingi Anies, akan semakin terkonsolidasi melindungi dan membentengi langkah politik Anies," kata Direktur Eksekutif Political Studies (IPS) Faris Thalib, Selasa (31/10).

Faris menilai kekuatan politik mantan menteri pendidikan itu akan bertambah. Elektabilitas Anies juga akan surplus. Bahkan, persentasenya akan semakin naik ketika Anies berkomitmen menghentikan reklamasi.

BACA JUGA: Anies Sampaikan Terima Kasih pada Polda Metro Jaya

"Saya kira ke depannya Anies-Sandi tetap harus fokus bekerja memenuhi janji-janji politiknya. Terutama soal reklamasi, merealisasikan segala macam programnya, dan mengurangi politik retorik," ujar Faris

Faris menambahkan, Anies-Sandi membuktikan diri bisa tegas dan berani dengan cara yang lebih santun, tanpa emosi, dan tak menunjukkan amarah.

BACA JUGA: Anak Buah Prabowo Minta Anies Tutup THM Sejenis Alexis

"Jadi, secara politik, penutupan Alexis adalah janji kampanye dan Anies-Sandi secara sangat cepat telah melunasinya," ujar Faris.

Menurut Faris, kebijakan yang diambil Anies bukan hal yang spontan.

Anies, sambung Faris, sudah melakukan kajian yang mendalam.

"Anies juga membaca dan memahami keadaan psikologis umat Islam, masukan para ulama di DKI yang gelisah dengan eksistensi bisnis itu, yang secara tidak langsung dilindungi oleh pemda sebelumnya," ucap Faris. (gir/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Izin Usaha Tak Diperpanjang Anies, Ini Kata Pihak Alexis


Redaktur & Reporter : Ken Girsang

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler