Bureau of Meteorology (BOM) menyatakan Badai siklon tropis Debbie terus meningkat dan telah memasuki kategori empat. Lembaga ini juga memperingatkan kemungkinan badai siklon Debbie akan melanda pesisir Queensland utara pada Selasa pagi.

Pelacakan peta yang dilakukan Bureau of Meteorology (BOM) memperkirakan badai siklon Debbie akan memasuki badai siklon tropis kategori empat antara Cape Upstart dan Cape Hillsborough, di utara Mackay, yang berjarak sekitar 970 kilometres dari Utara Kota Brisbane, sekitar pukul 8:00 pagi (28/3).
Mengantisipasi hantaman badai siklon Debbie ini, lebih dari 25.000 orang disarankan untuk mengungsi dari kawasan dataran rendah di Mackay sebelum tengah malam. Saran ini diterbitkan menyusul kekhawatiran badai siklon Debbie akan memicu genangan air hingga 2,5 meter di atas permukaan air ketika pasang.
Bureau of Meteorology (BOM) telah memperingatkan badai siklon debbie akan menjadi yang terburuk sejak Topan Yasi pada 2011, dan Menteri Utama Queensland, Annastacia Palaszczuk mengatakan badai siklon Debbie "lebih besar dari Marcia" – badai siklon tropis kategori lima yang melanda Queensland pada tahun 2015.

BACA JUGA: Leonora, Kota Aborigin dengan Tingkat Bunuh Diri Tinggi

Badai siklon Debbie diperkirakan akan berdampak ke wilayah-wilayah terdampak dari Cardwell hingga St Lawrence.

Bureau of Meteorology


Komisaris layanan kepolisian Queensland, Ian Stewart mengatakan warga di Mackay yang berada di daerah dataran rendah harus sudah mengungsi pada tengah malam.
"Kisaran genangan mungkin sebanyak 0,8 meter di atas batas kenaikan air pasang tertinggi [HAT] atau skenario terburuknya 2,5 meter di atas HAT," kata Komisaris Stewart.
"Kami meminta orang-orang yang bisa keluar dari daerah-daerah dataran rendah untuk bergerak sekarang.

BACA JUGA: Menlu Australia Khawatirkan Kemungkinan ISIS Bentuk Kekhalifahan di Filipina Selatan

"Jangan menunggu hingga besok, karena anda mungkin tidak akan bisa mengungsi.”

"Kami meminta warga untuk mengambil langkah pencegahan dan bergerak sekarang.
"Kami akan melakukan segala sesuatunya melalui layanan kedaruratan untuk berusaha dan mendukung serta memberi bantuan bagi warga…kami akan juga menyampaikan pesan-pesan untuk membantu warga yang rentan.”
Menteri Utama Queensland, Anastascia Palaszczuk mengatakan badai siklon Debbie meningkat intensitasnya.

BACA JUGA: Politisi Australia Disoroti Karena Terima Tunjangan Rumah Tapi Tinggal di Properti Istrinya

"Daya rusak siklon Debbie akan mengandung angin dengan kekuatan hembusan sampai 260 kilometer per jam. Ini akan menjadi siklon besar. Walikota Mackay dorong warga tetap bersama

Walikota Regional Mackay, Greg Williamson mengatakan sebanyak 25 ribu pesan dikirimkan ke warga yang tinggal di kawasan dataran rendah.
"Pesan itu mengatakan ‘berdasarkan informasi terakhir kami menyarankan anda untuk mengungsi ke rumah teman atau kerabat yang berada di wilayah lebih tinggi,” kata Walikota Williamson.

"Badai siklon ini bergerak cepat ..kita sekarang berada dijalur lintasan badai. Jika memungkinkan untuk mengungsi ke kawasan dataran tinggi, anda harus melakukannya sekarang.”

"Sebagai komunitas kami sudah pernah mengalami hal seperti ini sebelumnya. Sekarang terserah kepada kita sebagai masyarakat untuk bersama-sama memastikan kita saling menjaga satu sama lain, untuk memastikan bahwa kita bisa melalui cuaca buruk ini yang akan terjadi tepat di wilayah kita.”
Greg Williamson mengatakan anjuran ini bukan evakuasi paksa.
"Jika Anda menerima teks ini Anda harus mencari perlindungan. Kami tidak bisa mengevakuasi paksa anda tapi kami menyarankan Anda kalau mengungsi ini perlu terjadi", katanya.
Malam ini peringatan darurat yang dikeluarkan oleh Dewan Daerah Mackay menyarankan warga di daerah Utara Pioneer, South Pioneer, Louisa Creek, Armstrong Beach, Dunrock, Bola Bay, Freshwater Point, Grasstree, Half Tide dan Seaforth segera mengungsi.

Lihat Artikelnya di Australia Plus

BACA ARTIKEL LAINNYA... Ditemukan Ladang Tembakau Ilegal Senilai Rp111 Miliar di NSW

Berita Terkait