Simak 4 Manfaat Kopi Bagi Kesehatan

Jumat, 11 November 2016 – 21:54 WIB
Ilustrasi. Foto IST

jpnn.com - KOPI merupakan minuman favorit bagi banyak orang, selain teh. Ternyata ada banyak manfaat kopi yang bisa didapatkan.

Kopi tidak hanya sekedar asyik diminum ketika waktu senggang atau saat akan begadang saja karena bisa bikin mata melek semalaman, tapi kopi juga bagus untuk kesehatan tubuh dan kehidupan seks Anda.

BACA JUGA: Menstruasi dan Kaitannya Dengan Migrain

Berikut beberapa manfaat kopi untuk kesehatan, seperti dilansir laman MSN, Kamis (10/11).

1. Kopi baik untuk jantung.

BACA JUGA: Pagi atau Malam, Waktu Terbaik Untuk Mandi?

Peneliti Korea Selatan telah menemukan bahwa kopi bisa meningkatkan kesehatan jantung.

Setelah menganalisis data dari 25.100 pria Korea Selatan dan perempuan, satu dari tujuh di antaranya memiliki tingkat dari kalsium arteri koroner (CAC), yang merupakan tanda awal dari penyakit jantung koroner atau bekuan darah yang potensial.

BACA JUGA: Mungkin 5 Hal ini yang Buat Anda Susah Tidur Nyenyak

Tim peneliti menemukan bahwa tingkat CAC tertinggi di antara mereka yang mengonsumsi kurang dari satu cangkir atau lebih dari lima cangkir kopi setiap harinya.

Agar tingkat CAC Anda tetap rendah, peneliti menyarankan agar minum kopi 3-5 cangkir setiap harinya.

2. Kopi bisa membantu menurunkan risiko diabetes.

Sebuah studi 2014 menemukan bahwa mereka yang meningkatkan asupan kafein sekitar 1,5 cangkir kopi sehari selama empat tahun memiliki risiko 11 persen lebih rendah terkena diabetes dalam empat tahun berikutnya.

Di antara 120 ribu pekerja sektor kesehatan, orang-orang dengan konsumsi kopi tertinggi yakni tiga cangkir atau lebih per hari juga memiliki risiko terendah terkena diabetes tipe 2 hingga 37 persen.

3. Kopi bisa mengurangi risiko multiple sclerosis.

Temuan dari studi AS dan Swedia menemukan bahwa orang yang minum 4-6 cangkir kopi setiap hari lebih kecil kemungkinannya terkena multiple sclerosis.

4. Kopi bisa menurunkan resiko disfungsi ereksi.

Sebuah studi oleh University of Texas Health Science Center di Houston menemukan bahwa pria yang minum dua sampai tiga cangkir kopi sehari kurang mungkin untuk memiliki disfungsi ereksi (ED).

Diterbitkan kembali pada 2015 dalam jurnal PLoS ONE, temuan menunjukkan bahwa pria yang mengonsumsi 85-170 mg kafein per hari 42 persen lebih mungkin melaporkan ED.

Sementara mereka yang minum 171-303mg sehari-hari, 39 persen lebih kecil kemungkinannya mengalami ED.

Para peneliti mengatakan bahwa efek positif berasal dari kafein yang memicu serangkaian efek farmakologis yang mengakibatkan peningkatan aliran darah ke Mr P.(fny/chi/jpnn)

 

BACA ARTIKEL LAINNYA... The Rhadana Kuta Bali, Jagoan Indonesia di Family Friendly Hotel


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler