SIMAK! Penjelasan Ahli Racun Soal Misteri Asal-usul Sianida untuk Mirna

Senin, 01 Februari 2016 – 11:35 WIB
Ilustrasi. FOTO: dok/jpnn.com

jpnn.com - ASAL-usul racun sianida yang diduga dicampurkan di vietnamese coffee ice hingga akhirnya menewaskan Wayan Mirna Salihin masih menjadi misteri. Ahli toksikologi Universitas Indonesia (UI) Budiawan mengatakan, polisi harus cermat membuktikan sianida yang disebut terkandung dalam kopi yang diminum Wayan Mirna Salihin. Termasuk dari mana pelaku bisa mendapatkan racun tersebut.

Kata Budiawan, bisa saja racun itu didapat dari Indonesia. Meski selama ini beredar kabar bahwa Jessica pernah bekerja di salah satu perusahaan kimia di Australia. 

BACA JUGA: Nafsu Makan Jessica Hilang di Tahanan

Keyakinan Budi tersebut diperkuat longgarnya aturan di dalam negeri untuk mendapatkan sianida. ''Memang kita sudah punya PP 74/2001 tentang bahan kimia berbahaya, tapi itu masih sangat longgar,'' ujar Budi saat dihubungi kemarin. 

Indonesia, kata dia, tidak memiliki protokol bagi warga untuk mengakses bahan kimia mematikan semacam sianida. Karena itu, Budi mendesak DPR segara membahas RUU Bahan Kimia yang kini masuk prolegnas. Dia termasuk ahli yang menginisiatori terbentuknya RUU tersebut.

BACA JUGA: PERHATIKAN! 5 Gerak-Gerik Mencurigakan Jessica yang Terekam CCTV

Menurut Budi, cara mendapatkan sianida di Indonesia bisa melalui industri yang memang memiliki kebutuhan bahan tersebut. Pembelian melalui perusahaan biasanya berskala besar. 

Nah, menurutnya, pembelian skala kecil biasanya dilakukan orang yang berkecimpung di laboratorium. Biasanya, penjualan terkecil dikemas 250 miligram. ''Saya rasa pelaku bisa mendapatkan lewat dua jalur tersebut,'' ujarnya. (gun/agm/mas)

BACA JUGA: Ini Daerah di Indonesia yang Tak Aman Buat Pria dan Wanita

BACA ARTIKEL LAINNYA... Bos Muncikari Akhirnya Ditangkap


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler