Sinergitas Kemenhub, Jasa Raharja, dan Polri Dalam Memastikan Arus Balik Lancar

Rabu, 03 Mei 2023 – 11:00 WIB
Kemenhub, Jasa Raharja, dan Polri kompak dalam mengamankan arus balik Lebaran 2023. Dok: Korlantas Polri.

jpnn.com, JAKARTA - Sinergitas yang baik antara Kementerian Perhubungan (Kemenhub), PT Jasa Raharja, dan Polri sangat penting dalam memastikan arus mudik dan balik Lebaran 2023 berjalan lancar.

Hal itu terus dilakukan dengan menjalin koordinasi dan meninjau secara langsung kondisi lapangan, salah satunya kunjungan pada arus balik Lebaran 2023.

BACA JUGA: Puncak Arus Balik Penyeberangan Lancar, ASDP Sampaikan Apresiasi untuk Para Stakeholder

Direktur Utama PT Jasa Raharja, Rivan A. Purwantono menuturkan kunjungan dilakukan untuk memantau kondisi arus lalu lintas, pelayanan bagi masyarakat, dan pengamanan di sejumlah wilayah.

"Kami memastikan bagaimana pelayanan dan pengamanan di sisa periode mudik Lebaran ini konsisten dilakukan," ujar Rivan dalam siaran persnya, Rabu (3/5).

BACA JUGA: Arus Mudik dan Balik Lebaran 2023 Lancar, Komisi III Apresiasi Kinerja Polri

Rivan menyampaikan itu saat bersama Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi dan Kakorlantas Polri, Irjen Firman Shantyabudi meninjau kondisi arus lalu lintas di gerbang Tol Cikampek Utama.

Menurut Rivan, pelaksanaan mudik Lebaran 2023 berjalan dengan baik. Oleh sebab itu, Rivan menyampaikan terima kasih kepada para semua pihak terutama petugas di lapangan yang tetap semangat dalam menjalankan aktivitas.

BACA JUGA: Mudik Lebaran Terbesar, Tahun Ini 123,8 Juta Orang Pergi ke Kampung Halaman

"Kami juga mengimbau kepada masyarakat untuk selalu waspada di jalan, dan senantiasa
mematuhi peraturan," kata Rivan.

Sementara Firman Shantyabudi menyampaikan berdasarkan pantauan arus lalu lintas via udara, pergerakan kendaraan di tol Cikampek dan Cipali relatif lancar.

Firman juga menyebut banyak masyarakat yang melanjutkan silaturahminya di Jakarta setelah melakukan Lebaran di daerahnya.

Oleh karenanya, Polri melakukan rekayasa lalu lintas demi kelancaran para pemudik yang balik ke Jakarta dan sekitarnya.

"Sistem ini kami lihat efektif, bisa mengantar masyarakat untuk waktu yang tidak terlalu lama di jalan," imbuh Firman.

Menhub Budi menambahkan pemerintah sangat concern mewujudkan pelaksanaan mudik Lebaran dengan aman, nyaman dan berkeselamatan. Hal itu berdasarkan arahan Presiden Joko Widodo.

"Ini merupakan ikhtiar kami untuk bagaimana bisa membahagiakan masyarakat. Terima kasih untuk semua stakeholder atas koordinasi dan kolaborasinya yang baik. Terima kasih juga kepada masyarakat yang telah mengikuti aturan pemerintah,” kata Budi. (cuy/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... KPK Klaim OTT Bupati Meranti, Wakot Bandung, dan Kemenhub Bukan Pengalihan Isu Brigjen Endar


Redaktur & Reporter : Elfany Kurniawan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler