Singkirkan Ribuan Peserta, 44 Mahasiswa Terpilih untuk Magang di Industri Kertas

Jumat, 19 Agustus 2022 – 23:13 WIB
Sebanyak 44 mahasiswa dari berbagai universitas di Indonesia terpilih untuk magang di industri kertas. Foto: dokumentasi APP Sinar Mas

jpnn.com, JAKARTA - Sebanyak 44 mahasiswa dari berbagai universitas mendapatkan kesempatan magang di industri pulp dan kertas yang berkelanjutan melalui program kolaborasi kepemimpinan. 

Mereka merupakan hasil seleksi dari 8 ribu lebih pendaftar dari sekitar 500 universitas di tanah air.

BACA JUGA: Hadirkan Kampus Merdeka, Greatedu Gandeng Kemendikbud

"Mereka menempati 13 posisi dengan total 17 project selama program berlangsung," kata Direktur APP Sinar Mas Suhendra Wiriadinata dalam keterangannya, Jumat (19/8).

Kegiatan ini sejalan dengan program Merdeka Belajar-Kampus Merdeka Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek).

BACA JUGA: Pengelolaan Candi Borobudur Resmi Dipegang Kemendikbudristek

Asia Pulp & Paper (APP) Sinar Mas mengharapkan para mahasiswa yang terpilih bisa mendapatkan pengalaman langsung di dunia industri.

"Agar mahasiswa mendapat pengalaman kerja secara langsung di lapangan, juga mendalami industri pulp dan kertas yang berkelanjutan," katanya.

BACA JUGA: Bea Cukai Sampaikan Informasi Penting kepada Dosen dan Mahasiswa, Simak ya

Industri pulp dan kertas merupakan salah satu industri strategis nasional. Berdasarkan data dari Asosiasi Pulp dan Kertas Indonesia (APKI) 2020 dan 2021, saat ini Indonesia berada di peringkat 1 ASEAN, peringkat 3 untuk pulp. 

Peringkat 4 untuk kertas di tingkat Asia. Juga di posisi 8 untuk pulp dan peringkat 6 untuk kertas ditingkat dunia dengan kontribusi 3,84 persen untuk GDP nonmigas.

Program magang yang berlangsung dari 18 Agustus-23 Desember 2022 ini diharapkan bisa memperkaya dan meningkatkan wawasan serta kompetensi para peserta program, khususnya di bidang pulp dan kertas.

"Selesai magang, kami berharap mereka memiliki wawasan dan konsep yang luas bagaimana penerapan Industri yang berkelanjutan atau green industry," kata Suh

Salah seorang peserta magang dari Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS), jurusan Teknik Sistem dan Industri, Fitri  Simanjuntak mengaku sangat antusias mengikuti fase pertama kegiatan magang ini. 

Dia berharap mendapat pengalaman bekerja secara profesional, dan menyelami budaya positif perusahaan. 

"Juga bisa mengimplementasikan teori-teori yang diajarkan di kampus ke dalam dunia kerja," ungkap Fitri.

Para peserta magang akan terlibat langsung di dalam project. Mereka akan mendapat pembinaan langsung dari para expert di bidang masing- masing. 

Para peserta juga memiliki kesempatan yang sama untuk bisa terpilih ke dalam beberapa program APP Sinar Mas, seperti Graduate Trainee Program, Management Trainee Program, maupun posisi lain yang tersedia.

"Mereka akan dipandu langsung oleh para ahli di sini," kata Norman Firmansyah selaku Head HR Academy APP Sinar Mas. (esy/jpnn)


Redaktur : Tarmizi Hamdi
Reporter : Mesyia Muhammad

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler