Sir Alex Ferguson Beli Saham Klub Kasta Keempat Inggris

Hanya dengan Rp 1,4 Juta, Bikin Iri 499 Investor

Rabu, 15 Februari 2012 – 10:58 WIB

URUSAN sepak bola Sir Alex Ferguson ke depan tidak hanya bakal tercurah sepenuhnya untuk Manchester United. Fergie?sapaan akrab Ferguson-- juga perlu menyisihkan waktu memantau perkembangan  klub barunya, Accrington Stanley.

= = = = = = = = =
 
ACCRINGTON Stanley? Nama klub yang satu ini mungkin masih asing di telinga penggila bola tanah air. Wajar karena Stanley hanya klub kasta bawah di Inggris. Stanley saat ini berlaga di League Two atau kompetisi level keempat setelah Premier League, Championship, dan League One.
 
Namun, jangan menganggap Stanley hanya akan dipandang sebelas mata. Salah satu pelatih top di Inggris, bahkan di dunia sekelas Ferguson ternyata melirik klub yang enam tahun terakhir bertahan di League Two tersebut setelah merangkak dari kompetisi tarkam tersebut.

Ferguson tidak hanya melirik, melainkan juga berinvestasi di Stanley. Jumlahnya memang tidak seberapa, yakni hanya 100 pounds atau sekitar Rp 1,4 juta. Nominal yang sangat kecil untuk ukuran pelatih dengan gaji setiap tahunnya di kisaran Rp 90 miliar.
 
Tapi, Ferguson memang tidak bisa menanamkan uang lebih banyak karena dia ternyata adalah investor terakhir atau yang ke-500 di Stanley. Ferguson pun lebih beruntung dibandingkan ratusan investor lain dari enam negara. Selain dari Inggris, juga ada pemegang saham dari Kanada, Brazil, Finlandia, Australia, dan AS.

Itulah sebabnya, Ferguson mendapat kejutan di markas latihan United di Carrington Senin lalu waktu setempat atau kemarin WIB (14/2). Dua pejabat teras Stanley, direktur klub Peter Shaw dan senior non-executive Idris Khan sengaja datang dan memberi penghargaan khusus kepada pelatih yang telah mengoleksi 48 gelar di berbagai ajang tersebut.

Selain sertifikat bernuansa retro, Ferguson juga mendapatkan beberapa memorabilia. Ferguson mengatakan bahwa dirinya tertarik ingin berinvestasi di Stanley setelah klub yang kali pertama berdiri pada 1891 dan didirikan ulang pada 1968 karena dilikuidasi dua tahun sebelumnya itu mulai menjual saham mereka ke publik Oktober tahun lalu.

"Setiap orang di Inggris tentu pernah mendengar Accrington Stanley dan saya sangat senang bisa bergabung dengan komunitas kecil ini. Semoga mereka bisa terus berkiprah dalam waktu yang lama dan tetap aktif di liga profesional," kata Ferguson seperti dikutip BBC.

"Kami tidak hanya merasa tersanjung karena kepedulian Ferguson dengan menjadi salah satu investor resmi klub. Kami juga merasa tersentuh atas dukungan darinya," sahut Chief Executive Stanley Rob Heys sebagaimana dilansir Daily Mail.

Keputusan Ferguson berinvestasi di Stanley memang tidak salah. Sekalipun klub gurem, Stanley ternyata memiliki rekor dunia. Yakni, klub sepak bola dengan raihan progresif selama 12 musim beruntun. Sejak periode 1999-2000 sampai 2010-2011 (musim lalu), mereka selalu finis di liga lebih baik dibandingkan musim sebelumnya. (dns/ko)
BACA ARTIKEL LAINNYA... Pemain Asing Akhirnya Dibawa


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler