Situs Jual Beli Makin Didominasi Otomotif

Senin, 21 Mei 2012 – 02:42 WIB

SURABAYA - Media penjualan melaui situs jual beli di Indonesia makin diminati. Telihat dari optimisme pengelola yang memprediksikan ada kenaikan transksi tiga kali lipat dari 2012. Untuk menyikapi persaingan yang makin ketat itu, strategi memperkuat brand image dengan fokus pada segmen yang saat ini pemintanya tinggi yakni otomotif.
   
Marketing Manager PT 701 Search, pengelola berniaga.com, Steven Tampubolon mengatakan bahwa saat ini mayoritas iklan di situsnya masih didominasi jenis otomotif, seperti mobil, motor dan beragam aksesorinya. Tercatat jumlahnya mencapai 60 persen dari total iklan. Sisanya properti, elektronik, serta fashion. "Perbandingannya hampir sama antara situs jual beli lainnya di Indonesia," kata dia.

Oleh karena itulah pihaknya semakin agresif memperkenalkan situsnya pada masyarakat. Antara lain dengan mengikuti berbagai pameran perdagangan. Steven mengatakan bahwa situs iklan baris yang berdiri pada 2009 itu telah mempunyai 335 ribu iklan aktif dengan member yang terdaftar melalui email mencapai 900 ribu orang.

Adanya situs jual beli online, lanjut dia, juga mendukung pemasaran produk-produk lokal Indonesia yang dihasilkan usaha kecil dan menengah (UKM). Sehingga mereka terus menggandeng para UKM dari segmen kerajinan tangan, pengusaha otomotif, pedagang elektronik, dan lainnya untuk memanfaatkan situs miliknya dalam berjualan.

"Harapan kami, produk-produk unggulan dari seluruh Indonesia memiliki kesempatan masuk pasar regional. Apalagi lami tidak memungut biaya untuk iklan produk mereka," tambahnya.

Dari sisi aset, Steven mengklaim bahwa berniaga.com saat ini menjadi perusahaan situs iklan baris online terbesar kedua di Indonesia. Pihaknya menargetkan dalam 3 tahun mendatang bisa menjadi market leader di bisnis ini. "Tahun ini kami menargetkan nilai transaksi tahun ini naik hingga dua kali lipat dari tahun lalu," ujarnya tanpa mau mengutip jumlahnya.
   
PT 701 Search merupakan perusahaan patungan antara Schibsted ASA dengan Singapore Press Holdings Limited (SPH). Schibsted ASA melalui anak perusahaannya Schibsted Classified Media merupakan perusahaan iklan baris terbesar di Eropa dan memiliki operasi di berbagai negara, seperti Belgia, Prancis, Spanyol, Swedia, serta pasar berkembang di Asia, Eropa Timur, dan Amerika Selatan. Berniaga.com sendiri memiliki sekitar 40 sister site di seluruh negara di dunia, 7 diantaranya berada di asia.

"Nantinya jika kami sudah menjadi market leader kami akan melanjutkan ekspansi dengan membuka fitur-fitur premium service," katanya.(aan)
BACA ARTIKEL LAINNYA... Indeks Babak Belur Jelang Libur


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler