SK Kelayakan Amdal SG Ditangguhkan

Kamis, 26 Februari 2009 – 17:04 WIB
JAKARTA — Komisi VII DPR RI mendesak Menteri Negara Lingkungan Hidup (LH) Rahmat Witoelar untuk menangguhkan SK Kelayakan Amdal PT Semen Gresik (SG) di Pati, Jawa TengahItu karena Amdal yang ada sekarang dianggap belum valid dan perlu dikaji lebih dalam lagi.

“Dari pantauan saya di Pati, ada sumur dan sumber mata air yang akan rusak jika SG beroperasi

BACA JUGA: Perwira Tipikor Mabes Polri Jabat Dirdik KPK

Ironisnya, Gubernur Jateng memaksakan SG masuk di Pati
Ini jelas ada indikasi penyuapan dan penekanan pada penduduk setempat,” kata personil Komisi VII DPR RI, Sonny Keraf, dalam Rapat Dengar Pendapat (RDP) dengan Menteri Negara LH, Kamis (26/2).

Senada dengan itu, Alvin Lie pun meminta Menteri LH untuk meninjau ke lapangan dan memperbaiki Amdal yang ada, karena ada celah yang merusak lingkungan

BACA JUGA: DPR Usulkan KLH jadi Departemen

“SK Amdal yang ada tidak perlu dibatalkan
Hanya dikaji lagi untuk menghindari masalah lingkungan

BACA JUGA: Parpol Janji Tak Makan Uang Rakyat

Sebaiknya dalam penyusunan Amdal ini, SG melibatkan pakar-pakar, LSM, dan warga masyarakat yang berseberangan, dengan metodologi dan prosedur yang valid,” cetusnya.

Menanggapi itu, Meneg LH menyatakan masalah tersebut tidak diperlu diperpanjang lagiDia menyatakan telah mengeluarkan surat penghentian sementara untuk SK Kelayakan Amdal SG.

“Kami sudah meminta agar SK-nya ditangguhkan sementaraBukan dibatalkan, ya! Apalagi Gubernur Jateng sudah menandatanganinya, sehingga dengan tidak mengurangi semangat Otda, kami minta dikaji lagi Amdal-nyaJadi intinya, KLH meminta SG melakukan perubahan Amdal dan melakukan pendekatan dengan masyarakat setempat,” beber Rahmat yang diamini Deputi LH Hermin Rosita.

Menurut Hermin pula, nantinya jika Amdal-nya sudah sesuai, KLH akan mengevaluasi lagi keadaan masyarakat setempat, apakah menyetujui atau tidak“Kalau semuanya telah save, SK kelayakan Amdal-nya bisa dikeluarkan,” jelasnya(esy/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Polda Metro Gelar Patroli Berkuda


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler