Skandal Gayus Tambunan Keliaran, Ini Perintah Menteri Laoly

Senin, 21 September 2015 – 17:30 WIB
Gayus Tambunan. FOTO: Facebook Baskoro Endrawan.

jpnn.com - JAKARTA - Pihak Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) pastikan beredarnya foto terpidana kasus penggelapan pajak Gayus Tambunan sedang nongkrong di restoran akan diusut tuntas. Saat ini Direktorat Jendral Pemasyarakatan sedang melakukan pemeriksaan terhadap sejumlah pihak yang dianggap terkait.

"Sedang dilakukan pemeriksaan oleh Kadivpas Jabar terhadap petugas Lapas Sukamiskin, dan penanggung jawab," kata Direktur Jenderal Pemasyarakatan I Wayan Dusak saat dikonfirmasi, Senin (21/9).

BACA JUGA: Gayus, Oh Gayus... Ini Kata Menkum HAM Yasonna

Penyelidikan, lanjutnya, tidak hanya dilakukan terhadap petugas lapas saja. Aparat kepolisian yang seharusnya mengawal mantan PNS Dirjen Pajak Kementerian Keuangan itu ketika sedang berada di luar lapas pun akan diselidiki.

Lebih lanjut Wayan mengatakan, masalah ini sudah dilaporkan ke Menteri Hukum dan HAM Yasonna Laoly. Sang menteri pun memerintahkan agar tidak ragu-ragu menjatuhkan sanksi tegas jika ditemukan adanya pelanggaran.

BACA JUGA: BACA NIH: Gara-gara Akil Ngotot, Jaksa dan Hakim Jadi Pusing, Akhirnya...

"Kalau aparat kepolisian akan kita laporkan kepada satuannya. Kalau anak buah kami, kami yang menghukumnya," tegasnya.

Untuk Gayus sendiri, lanjut Wayan, terancam diberi sanksi pemindahan ke sel isolasi. Selain itu, jika terbukti melanggar, Gayus dipastikan tidak bisa mendapat remisi tahun depan.

BACA JUGA: SAKITNYA, Menteri Ini Jadi Kambing Hitam...

"Yang terkait pelanggaran aturan itu dikenakan sanksi sesauai aturan. Misalnya enggak boleh register f, kalau register f itu berarti tahun depan tak boleh dapat remisi. Tapi kita belum tahu sejauh mana pelanggarannya," pungkas Wayan.

Seperti diketahui, Gayus saat ini sedang menjalani hukuman 30 tahun penjara di Lapas Sukamiskin Bandung. Fotonya yang menghebohkan itu diduga diambil usai Gayus menghadiri sidang di Pengadilan Agama Jakarta Utara tanggal 9 September 2015 lalu. (dil/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Gara-gara Gigitan, Terdakwa Korupsi Mantan Bawahan Jokowi Kakinya Nyaris Diamputasi


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler