Skotlandia-Wales Juga Terancam Badai Salju

Masih Lumpuh karena Salju, Kadin Inggris Kecam Pemerintah

Rabu, 04 Februari 2009 – 07:10 WIB
LONDON - Salju masih mengguyur Inggris kemarin (3/2)Dari kawasan selatan, badai musim dingin itu bergerak ke arah utara

BACA JUGA: Skandal Ikan Busuk Guncang Kabinet Abhisit

Jika awal pekan ini London dan kawasan tenggara berselimut salju tebal, pemandangan bak winter wonderland sepertinya juga akan segera tercipta di dua wilayah lain di Britania Raya, Skotlandia dan Wales.

"Hari ini (kemarin) kawasan utara Inggris dan Skotlandia akan bersalju
Terutama di dataran tinggi

BACA JUGA: Selundupkan Dua Burung di Dalam Celana

Hujan dan salju juga akan mengguyur sebagian besar kawasan tersebut," terang Claire Austin, salah seorang ilmuwan dari MeteoGroup, seperti dikutip The Independent kemarin (3/2).

Salju, tambah dia, akan menyelimuti wilayah barat Wales dan barat daya Inggris
Skotlandia dan Irlandia sebelah utara akan mengalami gejala yang sama

BACA JUGA: Lawatan Hillary Ke Asia Dulu baru Eropa

Met Office (Badan Meteorologi Inggris) menyatakan, kendati badai bergerak ke utara, tidak berarti kawasan selatan bebas masalahBisa jadi malah tambah parah.

Sebab, rendahnya temperatur udara Senin malam (2/2) telah mengubah timbunan salju menjadi esSuhu udara di selatan England tercatat minus 8 derajat Celsius Senin malam (2/2)Menurut Austin, suhu udara bisa meningkat hingga 1 derajat Celsius di EnglandSuhu di London dan Kent bisa mencapai maksimal 5 derajat Celsius.

Karena cuaca yang tidak kunjung membaik itu, transportasi darat dan udara terganggu hingga kemarinDemikian juga aktivitas harian masyarakatMulai kegiatan belajar-mengajar di sekolah, perkuliahan, hingga kerjaDengan kata lain, Inggris masih dalam kondisi lumpuh.

Met Office juga tetap mengeluarkan peringatan bagi para pengguna jalan agar berhati-hatiJika tidak ada keperluan yang sangat penting dan mendesak, warga dianjurkan tidak keluar rumah.

Ribuan anak di seantero Inggris kembali mendapatkan libur ekstraHingga kemarin (3/2), ratusan sekolah dan perguruan tinggi meliburkan anak didik merekaTerutama, sekolah-sekolah yang terletak di Bradford, Birmingham, dan SurreyNamun, kebijakan meliburkan siswa karena buruknya cuaca dan terlalu berbahayanya kondisi jalan itu ditentang keras para wali murid.

Margaret Morrissey dari kelompok Parents Outloud menegaskan bahwa keputusan menutup sekolah akan memberikan pesan yang tidak baik bagi siswa"Pesan yang diterima siswa, jika kehidupan dan keadaan sekitar susah, sebaiknya berdiam diri di rumah atau bersenang-senang sajalah," ujarnya, seperti dilansir The IndependentKarena itu, dia mengimbau agar disusun agenda darurat yang berisi imbuan kepada sekolah-sekolah di Inggris untuk tetap buka, meski cuaca buruk.

Belum beroperasinya bandara-bandara di London serta lumpuhnya transportasi darat juga membuat Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Inggris marahDirjen Kadin Inggris David Frost menuding pemerintah berlebihan merespons cuaca buruk ituTutupnya sejumlah besar pabrik dan beberapa pusat bisnis, kata dia, akan membuat Inggris semakin tenggelam dalam krisis ekonomi(hep/ttg)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Nojoud Ali, Umur 10 Tahun Sudah Janda


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler