Skuat Muda Persisam Permalukan Persib Bandung

Minggu, 16 Desember 2012 – 18:35 WIB
SOLO -- Berstatus sebagai favorit juara di Inter Island Cup (IIC) 2012, Persib Bandung malah tertahan di semifinal setelah takluk atas Persisam Samarinda dengan skor 2-0 di Stadion Manahan Solo, Minggu (16/12).

Dengan hasil ini Persisam yang diisi oleh sebagian besar pemain muda berhak melaju ke babak final. Persisam menunggu hasil pertandingan semifinal lainnya, Arema Malang vs Sriwijaya FC yang saat ini sedang berlangsung.

Bermain dengan dua gelandang bertahan Asri Akbar dan Mbida Messi, permainan Persib Bandung kurang menggigit di babak pertama. Tercatat hanya satu peluang emas buat Persib yang gagal menjadi gol.

Peluang yang tercipta di menit 11 itu berawal dari kesalahan pemain belakang Persisam. Atep yang mendapat umpan pendek dari Firman Utina, mengarahkan bola ke sisi kanan gawang Persisam. Bola sempat ditepis kiper Persisam Usman Pribadi, kemudian membentur mistar gawang.

Persisam yang bermain lebih bertahan mengandalkan serangan balik dari kecepatan striker Ferdinand Sinaga. Di menit 32, top skorer Indonesia Premiere League (IPL) itu melakukan akselerasi di sisi kiri pertahanan Persib. Sayang tendangan kerasnya dari luar kotak penalti melayang jauh.

Permainan Persib tak kunjung membaik di babak kedua. Kondisi ini dimanfaatkan dengan baik oleh Persisam Samarinda untuk melancarkan serangan.

Hasilnya terlihat di menit ke 55. Berawal dari skema serangan balik, Bayu Gatra memberikan umpan crossing ke Aldaer Makatindu. Pemain muda itu menciptakan gol dengan sebuah first time kaki kiri.

Pelatih Perib Bandung langsung merespon dengan menambah jumlah striker. Mbida Messi yang kurang berkembang keluar dan digantikan oleh striker asal Jepang Kenji. Satu striker lagi yang dimasukkan adalah Airlangga Sucipto menggantikan Herman Dzumafo.

Peluang emas buat Persib hadir di menit ke-72. Umpan crossing yang dilakukan Tony Sucipto gagal dikuasai dengan baik oleh Usman. Sayang, Asri Akbar yang mendapat bola muntah gagal memanfaatkan peluang.

Persib mendapat pukulan telak di menit ke 75. Kembali berawal dari serangan balik, Persisam berhasil menggandakan keunggulan lewat kerjasama Bayu Gatra, Aldaer dan Kone.

Bayu Gatra lagi-lagi menjadi nafas serangan. Umpan sundulannya disambut dengan sundulan Aldaer yang mengarahkan bola ke Kone. Nama terakhir lalu melessakkan tendangan keras ke sisi kanan gawang Persib yang tidak mampu ditahan I Made Wirawan. 2-0 untuk Persisam.

Di sisa pertandingan, Persib Bandung mencoba untuk mengejar defisit dua gol. Tapi hingga pertandingan usai, skor tetap 2-0 untuk Persisam Samarinda. (abu/jpnn)
BACA ARTIKEL LAINNYA... Barcelona Terancam Tak Terkejar

Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler