Skuat Timnas untuk Kualifikasi Piala AFC U-23 sudah 70 Persen

Rabu, 17 Desember 2014 – 05:50 WIB

jpnn.com - JAKARTA - Pelatih Timnas U-23, Aji Santoso mengumumkan 30 nama yang akan digembleng untuk diseleksi lagi guna membela Indonesia di ajang Piala AFC U-23 Maret 2015 mendatang. Nantinya, 30 nama anggota Timnas U-23 akan mengikuti training center (TC) gelombang kedua di Sawangan, Depok, Jawa Barat. Dari 30 nama, 25 nama adalah pemain yang lolos dari seleksi di Jogjakarta, dua pekan lalu.

Menurut Aji, nama-nama pemain yang terpanggil ini belum tentu aman. Sebab, dia masih ingin mencari dua sampai empat pemain di luar 30 nama ini jika memang kualitasnya lebih bagus.

BACA JUGA: Gutierrez Jadi Pembalap Penguji di Ferrari

"Saya terus memantau pemain lain yang bagus. Ini masih keluar masuk, sampai saya merasa sudah pas komposisinya," katanya, tadi malam.

Pelatih asal Malang itu menilai skuat yang dipilihnya itu sudah mendekati kerangka tim utama yang diinginkannya. Mereka, kata Aji, akan menjadi tulang punggung Garuda Muda, julukan Timnas U-23 untuk menghadapi even kualifikasi Piala AFC U-23 Maret 2015 mendatang.

BACA JUGA: Djohar Bisa Lengser Sebelum Juli

Dari 30 nama yang ada, Aji menyebut belum semuanya masuk calon penghuni tim inti. Dia memerkirakan hanya 20-23 nama yang disebut memenuhi kriteria jika tim nantinya dikerucutkan.

"Dari 30 nama, saya sudah ada gambaran 60-70 persen yang jadi kerangka tim. Sisanya, saya akan terus cari. Karena itu ada keluar masuk," papar pelatih 43 tahun tersebut.

BACA JUGA: Tak Ada IIC, Ganti Piala SCTV

Dalam sesi latihan sampai 4 Januari nanti, Aji mengaku akan langsung fokus kepada taktik strategi permainan. Sayangnya, lanjut dia, ada info jika lawan yang akan dihadapi, Timnas Qatar pada 5 Januari nanti meminta Indonesia mengirimkan tim terbaik alias tim senior.

Karenanya Aji masih berharap tak ada perubahan sehingga timnya bisa terbang ke Australia untuk menghadapi Qatar pada 5 Januari nanti. Tapi, jika memang batal, mau tidak mau Aji meminta kepada PSSI agar ada pengganti karena memang programnya pada TC kali ini ada uji coba.

"Kalau tidak dapat, ya paling tidak kami bisa uji coba. Tidak masalah di dalam negeri," terangnya.

Sebelumnya, Sekjen PSSI Joko Driyono memastikan bahwa opsi pengganti dari Qatar sudah ada. Timnas Pra Olimpiade Syria dikabarkan memiliki waktu kosong mulai dari akhir Desember sampai Januari nanti. "Kalau jadwal, tim Pra Olimpiade Syria ada. Itu opsi jika Qatar tak sesuai ekspektasi," tandasnya. (aam)

Berikut 30 Nama yang lolos TC kedua:
Penjaga Gawang:
Teguh Amiruddin, Yogi Triana, Ravi Murdianto, M. Natshir Fadhil Mahbuby

Bek: Alfin Tuasalamony, Syaiful Indra Cahya, Muhammad Abduh Lestaluhu, Moch. Zaenuri, Hansamu Yama Pranata, Agung Prasetyo, Manahati Lestusen, Ryuji Utomo Prabowo, Mochamad Junda Irawan, Jajang Maulana, Zalnando

Gelandang: Gilbert R Duaramury, Paulo Oktavianus Sitanggang, Evan Dimas Darmono, Sandi Darma Suthe, Hendra Adi Bayauw, Wawan Febriyanto, M Yogi Novrian, Irsyad Maulana, Safrial Irfandi

Striker: Gavin Kwan Adsit, Rizsky Dwi Ramadhana, Ilham Udin Armaiyn, Yohanes Ferinando Pahabol, Agung Supriyanto, Fredi Jeferson Isir

BACA ARTIKEL LAINNYA... Pemain Lama Yakin Timnas U-23 Bisa Lebih Baik


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler