Smartphone Bisa Menggangu Waktu Tidur Malam Anda?

Senin, 19 Desember 2016 – 05:06 WIB
Ilustrasi.

jpnn.com - JIKA Anda membutuhkan tidur malam yang baik, mungkin sudah waktunya memberikan smartphone untuk istirahat.

Penelitian baru menunjukkan bahwa terkena paparan cahaya dari smartphone, terutama sebelum tidur bisa memengaruhi berapa lama dan seberapa baik Anda tidur.

BACA JUGA: Dipanasi Dulu, Baru Ditempel, Lanjut Mandi Susu

Selama studi sebulan, peserta menggunakan ponsel mereka rata-rata 38 jam dan semakin lama waktu yang mereka habiskan dengan ponsel, maka semakin pendek waktu tidur, terutama jika mereka menggunakan smartphone mereka pada saat hendak tidur.

"Sejumlah besar waktu kita dihabiskan terlibat dengan smartphone," kata peneliti senior studi, Dr Gregory Marcus, seperti dilansir laman MSN, Kamis (15/12).

BACA JUGA: Banyak Crossborder Festival, Saatnya Traveling ke Atambua

"Ini mungkin memengaruhi kesehatan, termasuk kemampuan untuk memperoleh dan mempertahankan tidur malam yang baik," tambah Marcus.

Tidur gelisah telah dikaitkan dengan masalah kesehatan seperti obesitas, diabetes dan depresi.

BACA JUGA: Danau Toba Siap Sambut Presiden Jokowi

Marcus memperingatkan, bahwa studi ini tidak membuktikan bahwa smartphone memiliki efek negatif pada tidur, hanya bahwa kedua tampaknya terkait.

Tapi, beberapa studi sebelumnya telah menyarankan bahwa cahaya biru dari perangkat elektronik seperti smartphone dan tablet bisa mengoverstimulate otak.

"Data ini menunjukkan bahwa mengurangi waktu bermain smartphone terutama sebelum tidur bisa membantu meningkatkan durasi dan kualitas tidur," pungkas Marcus.(fny/chi/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Inilah Makanan Super yang Bisa Meningkatkan Kekebalan Tubuh


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler