SMPTN Jaring Calon Mahasiswa Miskin

Senin, 23 Januari 2012 – 09:59 WIB

JAKARTA--Ketua Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) 2012, Akhmaloka mengatakan bahwa setidaknya ada lima hal yang membuat SNMPTN tahun ini memiliki nilai lebih.

Di antaranya, kata dia, SNMPTN 2012 membangun kebersamaan dan kepercayaan antara perguruan tinggi negeri seluruh Indonesia dengan adanya kepanitiaan secara bergilir. Kemudian, SNMPTN tahun ini mencoba melakukan edukasi nasional dalam penggunaan teknologi informasi.

”Tahun ini merupakan tahun ketiga penyelenggaraan pendaftaran SNMPTN berbasis teknologi informasi,” ujarnya.

Kemudian nilai lebih keempat, lanjut Akhmaloka, SNMPTN 2012 mengedukasi kejujuran bagi generasi muda melalui jalur undangan. Dalam memproses permohonan calon mahasiswa di jalur undangan ini, seleksi awal akan dilakukan kepala sekolah untuk melakukan cek dan ricek secara administrasi. ”Kemudian seleksi akhir akan dilakukan panitia SNMPTN,” kata Akhmaloka.

Kelima, SNMPTN 2012 mengemban integrasi dengan program Bidik Misi. ”Ini menunjukkan adanya keberpihakan kepada adik-adik calon mahasiswa yang tidak mampu secara ekonomi,” katanya.

SNMPTN 2012 mengacu pada Peraturan Mendiknas Nomor 34/2010 tentang Pola Penerimaan Mahasiswa Baru Program Sarjana pada Perguruan Tinggi yang Diselenggarakan Pemerintah.

Peraturan ini menjadi landasan hukum SNMPTN jalur undangan untuk calon mahasiswa yang memiliki prestasi akademik di SMA, namun tidak memiliki kemampuan secara ekonomi untuk melanjutkan ke perguruan tinggi. ”Jadi SNMPTN 2012 ini tidak sekedar seleksi,” ujar Rektor Institut Teknologi Bandung (ITB) ini. (dri)
BACA ARTIKEL LAINNYA... Banjir, 51 Sekolah Rusak


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler