SMS Kunci Jawaban Betul Separuh Lebih

Penulurusan Kecurangan Unas Tingkat SMA

Senin, 25 April 2011 – 05:25 WIB

JAKARTA - Masih ingat dengan foto HP yang berisi kunci jawaban di JPNN Selasa lalu (19/4)? Panitia Pusat Ujian Nasional (Unas) 2011 menyebutkan, lebih dari separuh kunci jawaban yang beredar di kawasan Banda Aceh itu benarDi tempat lain, seperti di pulau Jawa, akurasi kebocoran kunci jawaban yang beredar tidak sampai separuh.
 
Dalam foto SMS kunci jawaban tersebut, terekam jika kunci itu untuk mata pelajaran Bahasa Indonesia

BACA JUGA: Marak Isu Curang, Pengawasan UN Berlapis

Pelajaran ini, diujikan pada hari pertama unas, Senin pekan lalu (18/4)
Dengan asumsi siswa mendapatkan nilai ujian sekolah 8, peluang siswa yang mendapat bocoran kunci jawaban tersebut dinyatakan lulus unas semakin besar.
 
Dihubungi kemarin, Koordinator Panitia Pusat Unas 2011 Masnyur Ramly berkilah jika kunci jawaban tersebut beredar setelah ujian rampung

BACA JUGA: Besok, Unas SMP/MTs Digelar Serentak

"Jadi belum ada bukti SMS tersebut membantu siswa dalam mengerjakan soal," terang dia, Minggu (24/4).
 
Pejabat yang sekaligus menjadi Ketua Badan Penelitian dan Pengembangan (Balitbang) Kemendiknas itu menjelaskan, kunci jawaban itu memang tersebar di kawasan Banda Aceh
Untuk itu, dia kemarin langsung meluncur ke Banda Aceh bersama Mendiknas Mohammad Nuh.
 
Setelah tiba di Banca Aceh, Mansyur menjelaskan pihaknya langsung berkoordinasi dengan tim yang sudah lebih dulu diturunkan

BACA JUGA: Pemkab Bangun Rumah Dinas Guru

"Kami sudah cek dan hasilnya ada jawaban yang benar lebih dari 50 persen," ujar dia.
 
Hasil pengungkapan sementara, Mansyur tetap bersikeras jika SMS tersebut beredar setelah ujian mata pelajaran Bahasa Indonesia rampung dikerjakan siswaJadi dia tetap mengelak jika telah terjadi kebocoran.
 
Mansyur mengaku awal penyelidikan kecurangan unas tersebut dari foto di Jawa PosDia lantas langsung mengamati kiriman SMS itu yang tertera pukul 14.17Sedangkan pelajaran Bahasa Indonesia diujikan mulai pukul 08.00 sampai 10.00"Hasil pengamatan sementara, SMS tersebut beredar setelah ujian selesaiBuktinya kan ada di layar SMS itu," kata dia.
 
Meski jelas-jelas kunci jawaban yang beredar tersebut akurasi ketepatannya lebih dari separuh, Mansyur tetap mengelak jika telah terjadi kebocoran naskah soal unasDia menyebutkan, modus yang digunakan pengirim SMS tersebut adalah menjawab secara acak
 
Jika memang acak, kenapa tingkat kebenarannya mencapai separuh lebih? Mansyur menegaskan masih menunggu hasil investigasi lebih mendalam lagiYang pasti, panitia pusat unas siap menjatuhkan sanksi kepada pihak yang secara terbukti melakukan kecurangan unas.
 
Fenomena akurasi kunci jawaban yang banyak betulnya ketimbang salahnya itu, memang tidak perlu menunggu ada kebocoran naskah soal unasModus yang paling rawan adalah, tim sukses yang dibentuk kepala sekolah setempat mencuri naskah soal unas saat ujian berlangsungLalu, soal itu dikerjakan secara marathon di tempat terpisah oleh guru mata pelajaran yang di-unas-kanSelanjutnya, jawaban langsung dikirim via SMS.
 
Strategi tersebut memang tidak sulit dijalankanPasalnya, saat evaluasi terakhir unas pekan lalu, panitia pusat unas mengatakan masih terdapat banyak siswa peserta ujian yang membawa HP kedalam kelasHal tersebut diungkapkan oleh Sekertaris Badan Standarisasi Nasional Pendidikan (BSNP) Richardus Eko Indrajit.
 
Khusus di pulau Jawa Mansyur juga menerima informasi jika sebagian kunci jawaban yang beredar lewat SMS benarNamun, khusus di pulau Jawa, Mansyur menegaskan belum menerima laporan jika akurasi kunci jawaban lewat SMS lebih dari 50 persen.
 
Sementara itu, pelaksanan Unas 2011 tingkat SMP dan sederajat yang dimulai hari ini dipastikan sudah benar-benar siapPihak panitia pusat belum menerima laporan jika adalah daerah yang tidak bisa menjalankan ujian hari iniDengan laporan sementara itu, unas tingkat SMP yang diikuti 3,7 juta siswa di 47 ribu lebih sekolah bisa berlangsung serentak(wan)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Guru Honor Diintimidasi


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler