Soal Calo KTP dan KK, Wali Kota: Akan Saya Tangkap

Selasa, 24 Oktober 2017 – 00:45 WIB
SY Fasha. Foto: JPG/dok.JPNN.com

jpnn.com, JAMBI - Wali Kota Jambi Sy Fasha mengancam akan para calo pengurusan dokumen kependudukan, seperti KTP, KK, dan Akte Kelahiran.

Fasha mengaku memang sudah menerima laporan mengenai adanya calo-calo dimaksud.

BACA JUGA: Putra Mantan Rektor Unja Masuk Nominasi Dampingi Fasha

Ditegaskan, dirinya akan memberi tindakan tegas terhadap calo-calo yang berada di Kecamatan maupun di Dukcapil Kota Jambi. Jika calo berasal dari internal Pemerintah Kota Jambi, maka akan ada sanksi keras.

“Sanksinya rahasia, yang pasti sanksi keras,” kata Fasha.

BACA JUGA: PPP Resmi Usung Fasha di Pilwako Jambi

Lebih lanjut Fasha menyebutkan, apabila calo tersebut dari luar internal Pemrintah Kota Jambi, pihaknya akan melaporkan hal tersebut kepada tim saber pungli.

“Kalau calo dari luar internal pemerintahan, saya tangkap dan laporkan ke tim saber pungli. Proses hukum, karena mempermalukan citra positif yang saya bangun. Saya pidanakan calonya,” imbuhnya.

BACA JUGA: PKS Usulkan Fasha-Maulana di Pilkada Kota Jambi

Fasha mengaku, dirinya pernah mendapat laporan dari masyarakat tentang percaloan tersebut.

“Saya pernah mendapat laporan melalui pesan di medsos. Bagi masyarakat yang mendapatkan hal tersebut, langsung foto calonya dan laporkan kepada saya. Jika itu pegawai saya, ambil datanya, saya kasih hadiah satu juta bagi yang mendapatkan,” ungkapnya.

Sementara Kadis Dukcapil Kota Jambi, Mulyadi Yatub mengatakan, pihaknya sudah melakukan sosialisasi dengan memasang spanduk di kantor lurah dan camat. Pengurusan administrasi kependudukan tidak dipungut biaya dan masyarakat harus mengurus sendiri.

“Kita sudah pasang spanduk himbauan. Jangan melalui pihak ketiga, walaupun itu pegawai,” kata Mulyadi.

Lebih lanjut dia menyebutkan, pihaknya tidak bisa melakukukan penindakan tehadap para calo termasuk oknum pegawai.

“Kita hanya bisa melakukan imbauan, untuk eksekusi tidak bisa. Sebab pengurusan adminitrasi tersebut biasanya melampirkan surat kuasa,” imbuhnya.

Jika dilihat aturannya, memang terbuka peluang permainan calo. “Saya sudah menghimbau pegawai saya jangan menjadi calo. Saya memang tidak terjangkau memantau hal tersebut,” pungkasnya. (hfz)

 

BACA ARTIKEL LAINNYA... Sosok Wakil Fasha di Pilwako Jambi Segera Terjawab


Redaktur & Reporter : Soetomo

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler