Soal Kebersamaan Jokowi, Prabowo, dan Ganjar, Elite PKB Bereaksi Begini

Jumat, 10 Maret 2023 – 18:05 WIB
Menhan Prabowo Subianto bersama Gubernur Jateng Ganjar Pranowo tampak happy saat mendampingi Presiden Jokowi di Kebumen, Kamis (9/3/3023). Foto: Tim Media Prabowo

jpnn.com, JAKARTA - Wakil Ketua Umum PKB Jazilul Fawaid atau Gus Jazil menilai tidak ada unsur politik dalam kebersamaan Presiden Joko Widodo (Jokowi), Menhan RI Prabowo Subianto, dan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo saat panen raya.

Diketahui, tiga tokoh itu sebelumnya terpantau menghadiri panen raya padi di Desa Lajer, Kecamatan Ambal, Kabupaten Kebumen, Jawa Tengah, Kamis (9/3).

BACA JUGA: Prabowo-Ganjar Dinilai Ideal Berduet di Pilpres 2024, Lihat Foto Ini

"Panen padi enggak ada hubungannya dengan proses pilpres," kata Gus Jazil kepada awak media, Jumat (10/3).

Legislator Komisi III DPR RI itu berkeyakinan Prabowo dalam memutuskan capres-cawapres dari Koalisi Kebangkitan Indonesia Raya (KIR), akan berbicara dahulu dengan Ketum PKB Muhaimin Iskandar atau Gus Muhaimin.

BACA JUGA: Seleksi PPPK, Pak Putut Sampaikan Peringatan untuk Guru Honorer

Sebab, dua partai telah bersepakat membentuk poros politik demi mengusung tokoh menjadi Capres-Cawapres 2024.

"Kami percaya komitmen PKB dan Gerindra tetap terjaga. Urusan capres - cawapres mandatnya ada di tangan Pak Prabowo dan Gus Muhaimin," kata Gus Jazil.

BACA JUGA: Soal Kebersamaan Jokowi - Prabowo - Ganjar, Wasekjen PDIP: Jangan Dimaknai Berlebihan

Sebelumnya, pengamat politik Jamiluddin Ritonga merasa Jokowi secara terang-terangan mendukung Prabowo sebagai Capres 2024.

Penilaian itu terungkap setelah Jokowi terpantau didampingi Prabowo dan Ganjar Pranowo saat panen raya padi di Desa Lajer.

"Wajar kalau muncul tafsir Jokowi lagi meng-endorse Prabowo sebagai capres," kata dia melalui layanan pesan, Jumat (10/3).

Jamiluddin mengatakan sangat tidak lazim seorang Kepala Negara didampingi Menhan Prabowo dalam momen panen raya padi.

Dengan begitu, kata dia, kehadiran Prabowo tentu tidak ada relevansi dalam panen raya di Desa Lajer apabila melihat tugas dan fungsi Menhan.

Menurut Jamiluddin, alasan terkuat yang memungkinkan Jokowi bisa didampingi Prabowo dalam urusan panen raya ialah sinyal dukungan politik.

"Jokowi ingin mengatakan kalau Prabowo sosok yang pas menjadi penerusnya. Prabowo tidak hanya ahli mengurus pertahanan, tetapi juga mengerti pertanian," kata mantan Dekan Fisip IISIP itu. (ast/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Prabowo Diisukan Jadi Cawapres Ganjar? Dasco Berikan Pernyataan Tegas


Redaktur : M. Fathra Nazrul Islam
Reporter : Aristo Setiawan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler