Soal MLB NU: Gus Salam Pengin Mengajak GP Ansor Minum Kopi dan Mengaji

Minggu, 15 September 2024 – 08:29 WIB
KH Abdussalam Shohib. Foto: Ardini Pramitha/JPNN

jpnn.com - JAKARTA - Pengasuh Mambaul Maarif Denanyar Jombang KH Abdussalam Shohib atau Gus Salam menanggapi dengan santai kabar bahwa Gerakan Pemuda Ansor bakal membubarkan Muktamar Luar Biasa Nahdlatul Ulama atau MLB NU.

Menurutnya, apa yang akan dilakukan para kiai tidak bisa dibubarkan, karena kebebasan berserikat dan berpendapat sudah diatur undang-undang.

BACA JUGA: PBNU Dianggap Melanggar Konstitusi, Presidium Dapat Dukungan Menggelar MLB NU

"Kalau ada, siapa pun datang ke MLB, baik yang setuju atau tidak setuju, bahkan memiliki niat membubarkan, akan kami ajak minum kopi, diskusi dan tentu saja mengaji," ujarnya.

Gus Salam menegaskan, MLB yang akan digelar berbasis ilmiah dan akhlak sehingga tidak memerlukan penjagaan.

BACA JUGA: Gus Salam: MLB Nahdlatul Ulama Sudah Seperti Bom Waktu

Dia juga memastikan, tidak akan berhenti berjuang demi kebaikan NU, nahdiyin, dan masyarakat Indonesia.

Gus Salam berkata, apa pun tantangan dan rintangannya akan dihadapi.

BACA JUGA: Kiai Abdussalam Sebut Keputusan PBNU Tunjuk Karteker PCNU Kubu Raya Tak Berdasar

"Segala ancaman, intimidasi, dan kekerasan jangan dibalas dengan hal sama, tetapi direspons dengan kelembutan, kasih sayang dan kebijaksanaan. Kami berharap Ansor, Banser, dan Pagar Nusa lebih bijaksana," ujarnya.

Gus Salam mengingatkan, tugas Ansor, Banser, dan Pagar Nusa adalah menjaga ulama baik struktural maupun kultural tanpa membeda-bedakan ijtihad dalam berorganisasi.

"Saya yakin sahabat-sahabat Ansor, Bansor, PN akan selalu bersikap berlandaskan hati nurani, keilmuan, akhlaqul karimah sebagai aktualisasi dari prinsip-prinsip Nahdaltul Ulama," tuturnya.

"Saat ada perbedaan serta dinamika dalam bersikap terkait PBNU dan NU, antara Gus Dur, Kiai Hasyim Muzadi, Kiai Said, dan Gus Solah di masa lalu, alhamdulillah Ansor, Banser, dan PN selalu berada di tengah. Saya yakin, saat ini juga sama," katanya. (*/jpnn)


Redaktur & Reporter : Mufthia Ridwan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Tag
MLB NU   PBNU   Gus Salam   GP Ansor  

Terpopuler