Soal Pilkada Jateng, PDIP Prioritaskan Dukung Kader Internal

Selasa, 23 Juli 2024 – 19:07 WIB
Sekretaris Jenderal PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto di Cisarua, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Selasa (23/7). Dokumentasi DPP PDI Perjuangan

jpnn.com, JAKARTA - Sekretaris Jenderal PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto memberi sinyal bahwa parpolnya akan mendukung kader internal dalam Pilkada Jawa Tengah (Jateng) 2024.

Hasto bahkan menyebut PDI Perjuangan di provinsi yang menjadi basis partai seperti Bali, akan mengusung kader internal sebagai calon kepala daerah.

BACA JUGA: Soal Pendamping Luthfi di Jateng, Gerindra Malah Sebut Kaesang, Bukan Kader Internal

Dia menjawab demikian saat ditanya awak media soal kemungkinan sosok yang akan didukung PDI Perjuangan pada Pilkada Jateng 2024.

“Ya, PDI Perjuangan di Jateng dan Bali yang daerah-daerah basis, partai akan mendorong kader internal partai,” kata Hasto ditemui di Cisarua, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Selasa (23/7).

BACA JUGA: Soal Pilkada Jakarta, Jateng, dan Jatim, PDIP Akan Memperjuangkan Kader Internal

Sebab, kata alumnus Universitas Pertahanan (Unhan) itu, mengusung kader internal dalam pilkada serentak 2024 menjadi sebuah kebanggaan bagi PDI Perjuangan.

"Sebab, itu bagian dari pride dan juga bagaimana proses kaderisasi dan percaya terhadap kader partai sendiri,” ujar Hasto.

BACA JUGA: Gerindra Dukung Luthfi di Pilkada Jateng, PDIP Usung Siapa?

Dia kemudian menerima pertanyaan awak media soal kemungkinan eks Panglima TNI sekaligus kader PDI Perjuangan Jenderal (Purn) Andika Perkasa maju Pilkada Jateng 2024.

Hasto menjawab itu dengan menyatakan bahwa elektabilitas Andika memang cukup tinggi, meskipun belum bergerak di lapangan.

“Pak Andika belum bergerak, elektabilitasnya sudah masuk ke lima besar di Jateng,” katanya. 

Namun, kata pria kelahiran Yogyakarta itu, soal penentuan Andika bakal mentas di Pilkada Jateng 2024 menjadi kewenangan Ketum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri.

"Nanti Ibu Megawati yang akan memutuskan karena ada yang mengusulkan Pak Andika juga untuk di Jakarta,” kata Hasto.

Diketahui, langkah PDI Perjuangan untuk mengusung kader internal di Pilkada Jateng 2024 berbeda dengan Gerindra.

Sebab, parpol berlambang kepala Burung Garuda itu memilih mendukung Irjen Pol Ahmad Luthfi sebagai Cagub Jateng 2024.

Diketahui, Luthfi adalah perwira tinggi aktif polisi dan saat ini menjabat sebagai Kapolda Jateng sejak 2020. (ast/jpnn)


Redaktur : Budianto Hutahaean
Reporter : Aristo Setiawan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler