Soal Pilkada Jakarta, Jateng, dan Jatim, PDIP Akan Memperjuangkan Kader Internal

Sabtu, 29 Juni 2024 – 19:32 WIB
Sekretaris Jenderal DPP PDIP Hasto Kristiyanto. Foto: arsip JPNN.com

jpnn.com - Sekjen PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto memberi sinyal parpolnya akan mengusung kader internal untuk tiga pilkada serentak 2024, yakni Jakarta, Jawa Tengah (Jateng), dan Jawa Timur (Jatim).

Hal demikian terungkap saat Hasto menjawab pertanyaan awak media setelah pria kelahiran Yogyakarta itu habis meninjau persiapan acara penutupan Bulan Bung Karno (BBK) 2024 di Parkir Timur Senayan, Jakarta, Sabtu (29/6).

BACA JUGA: Perampasan Buku Catatan PDIP Bikin Pengamat Nilai Pemeriksaan Hasto Bermuatan Politis

Hasto misalnya menerima pertanyaan awak media soal PDI Perjuangan melirik Anies Baswedan dan Sohibul Iman pada Pilkada Jakarta 2024.

Anies-Sohibul adalah kandidat yang belakangan diusung oleh Partai Keadilan Sejahtera (PKS) untuk Pilkada Jakarta 2024.

BACA JUGA: Minta Perlindungan LPSK, Staf Hasto Mengaku Terancam Gegara Dibentak Penyidik KPK

Hasto menjawab pertanyaan awak media itu dengan menyiratkan PDIP akan mengupayakan kader internal untuk Pilkada Jakarta 2024.

"Skala prioritas utama itu kader partai yang kami dorong," kata Hasto, Sabtu.

BACA JUGA: Soal Kabar Jokowi Menawarkan Kaesang Maju Pilkada Jakarta, Zulhas PAN: Enggak Benar

Dia mengatakan PDI Perjuangan berhati-hati dalam menimbang tokoh yang akan diusung pada Pilkada Jakarta 2024.

Toh, kata Hasto, urusan Pilkada Jakarta 2024 bukan soal cepat-cepat mengumumkan kandidat, melainkan kalkulasi secara matang.

"Jadi, untuk Jakarta, siapa cepat belum tentu dapat. Siapa yang melakukan kalkulasi matang, melakukan langkah-langkah konsolidasi, melakukan pergerakan turun ke bawah, itulah yang akan dipercaya rakyat," lanjut dia.

Alumnus Universitas Pertahanan (Unhan) itu kemudian menerima pertanyaan awak media soal peta PDI Perjuangan dalam mengusung kandidat pada Pilkada Jawa Timur (Jatim) 2024.

Seperti Jakarta, kata Hasto, PDI Perjuangan memiliki banyak kader internal dari kalangan kepala daerah sampai menteri yang bisa diusung sebagai kontestan Pilkada Jatim 2024.

Semisal, kata dia, PDI Perjuangan memiliki Tri Rismaharini atau Risma, Abdullah Azwar Anas, Pramono Anung, Mochamad Nur Arifin, Ipuk Fiestiandani, hingga Achmad Fauzi.

Hasto mengatakan PDI Perjuangan tinggal merumuskan kerja sama politik untuk Pilkada Jatim 2024, karena partai punya banyak nama di internal yang bisa diusung.

"Tinggal merumuskan kerja sama politiknya. Misalnya, kami berkomunikasi dengan PKB, kami berkomunikasi juga dengan Partai Gerindra yang sudah memberikan dukungan kepada mbak Khofifah di Jawa Timur," lanjut dia.

Selanjutnya, Hasto menerima pertanyaan awak media soal konstelasi PDI Perjuangan menyambut Pilkada Jawa Tengah (Jateng) 2024.

Menurutnya, PDI Perjuangan pada Pilkada Jateng 2024 juga akan memperjuangkan kader internal seperti Andika Perkasa dan Hendrar Prihadi bisa menjadi kontestan.

Namun, kata Hasto, kepastian nama yang diusung PDI Perjuangan untuk Pilkada Jateng 2024 menunggu dahulu kajian dari Puan Maharani, Bambang Wuryanto, dan Utut Adianto.

"Kemudian, ya, Mbak Puan sedang melakukan suatu kajian-kajian berdasarkan survei pemetaan di internal partai bersama dengan Mas Bambang Wuryanto, dan Pak Utut yang memang ditugaskan di salah satunya di Jawa Tengah," katanya. (ast/jpnn)

Kamu Sudah Menonton Video Terbaru Berikut ini?


Redaktur : M. Fathra Nazrul Islam
Reporter : Aristo Setiawan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler