Soal Skandal Uji Keselamatan Daihatsu, Mendag Zulhas Berkomentar Begini

Minggu, 07 Januari 2024 – 00:15 WIB
Logo Astra Daihatsu Motor (ADM). ilustrasi. Foto: dok Daihatsu

jpnn.com, JAKARTA - Menteri Perdagangan (Mendag) Zulkifli Hasan merespons soal skandal Daihatsu yang memanipulasi data uji coba keselamatan kendaraanya.

Dia mengatakan mobil yang diproduksi Daihatsu di Indonesia telah mengikuti ketentuan pemerintah.

BACA JUGA: Soal Skandal Uji Keselamatan Mobil, Daihatsu Indonesia Lakukan Ini

Menurut pria yang akrab disapa Zulhas, produk yang terlibat dalam skandal uji keselamatan itu tidak masuk ke pasar Indonesia.

“Tidak masuk ke Indonesia jadi aman,” kata Mendag Zulhas di Jakarta beberapa waktu lalu.

BACA JUGA: Seusai Skandal Daihatsu, Kini Giliran Toyota Recall 1 Juta Mobil Karena Masalah Airbag

Sementara itu, Dirjen Perlindungan Konsumen dan Tertib Niaga, Moga Simatupang mengatakan pihaknya sudah melakukan klarifikasi dengan PT Astra Daihatsu Motor (ADM) mengenai skandal tersebut yang menimpa Daihatsu Jepang.

"Sudah kami klarifikasi Astra Daihatsu Motor Indonesia. Disitu disampaikan untuk tipe Rokie Hybrid dan Toyota Raize tidak diproduksi di Indonesia," ungkap Moga.

BACA JUGA: Alamak, Daihatsu Menipu Lagi! Konsumen Indonesia Mohon Bersabar

Dia memastikan produk Daihatsu yang dijual di Indonesia sudah memenuhi Peraturan Menteri Perhubungan (Permenhub) No.33/2018 tentang Pengujian Tipe Kendaraan Bermotor.

Selain itu, PT Astra Daihatsu Motor (ADM) memastikan produksi dan distribusi kendaraan di Indonesia tetap berjalan normal.

Pernyataan ini disampaikan PT ADM di tengah persoalan yang menimpa Daihatsu Motor Co., Ltd. (DMC) dan Toyota Motor Corporation (TMC) Jepang mengenai prosedur yang tidak sesuai terkait sertifikasi keselamatan kendaraan.

Pihak DCM dan TCM memutuskan menunda sementara pengiriman kendaraan untuk pasar domestik maupun pasar di luar Jepang hingga hingga mendapatkan konfirmasi dari otoritas dan pemangku kepentingan terkait.

Terkait hal itu, PT ADM menyampaikan permintaan maaf kepada masyarakat Indonesia atas ketidaknyamanan yang terjadi.

"Kami bersama prinsipal telah memastikan bahwa semua kendaraan Daihatsu yang diproduksi, didistribusi, dan dipasarkan di Indonesia tidak memiliki masalah kualitas dan keselamatan," kata Direktur Marketing dan Corporate Communication ADM Sri Agung Handayani dalam keterangan resminya, Jumat (22/12). (ddy/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Ribuan All New Daihatsu Ayla Bermasalah di ECU, ADM Umumkan Recall


Redaktur & Reporter : Dedi Sofian

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler