Soal Tidak Nongol, ?UNBK di Daerah Ini Terpaksa Diulang

Jumat, 07 April 2017 – 12:14 WIB
Siswa sedang mengerjakan soal ujian. Ilustrasi Foto: dok.JPNN.com

jpnn.com - Hari keempat ujian nasional berbasis komputer (UNBK) SMK, penuh dengan masalah.

Dari posko pengaduan yang dibentuk Federasi Serikat Guru Indonesia (FSGI) di 29 kabupaten/kota dilaporkan, tidak munculnya soal dalam mata uji kejuruan.

BACA JUGA: Listrik Padam, UNBK Molor Tiga Jam

Menurut Sekjen FSGI Retno Listyarti, sesuai‎ POS dan Juklak Puspendik, ujian terpaksa dihentikan dan para siswa akan mengikuti ujian ulang (ujian susulan) pada 17-18 April 2017 mendatang.

"Laporan posko pengaduan UNBK FSGI yang diterima pada hari keempat ini berasal dari Mataram, Bima, Jambi, Kota Medan, Garut Tasikmalaya, dan DKI Jakarta. Tetapi soal mata uji kejuruan untuk SMK di Jakarta muncul," kata Retno, Jumat (7/4).

BACA JUGA: Hari Terakhir UNBK, Banyak Soal Ujian Tidak Nongol

Kemungkinan persoalan tidak munculnya soal mata uji kejuruan menurut Retno, disebabkan jaringan internet yang tidak sama, spesifikasi komputer yang berbeda.

Selain itu jenis mata pelajaran (mapel) tertentu yang disusun direktorat terkait (ada yang gambar, grafik, tulisan saja) sangat memungkinkan tampilan yang tidak sama.

BACA JUGA: Kepsek SMK Klaim UNBK Tahun Ini Lebih Bagus

"Pengalaman waktu UKG (Uji Kompetensi Guru) juga begitu," sergahnya.

Dia menyebutkan, lebih dari 10 soal uji kejuruan di Garut, Tasikmalayan, Mataram, dan Bima tidak muncul.‎ Soal mata uji untuk kejuruan yang tidak muncul soalnya tersebut, yaitu : Agribisnis Tanaman Perkebunan (ATP), Perbankan, Rekayasa Perangkat Lunak (RPL), Teknik Audio Visual (TAV) dan Penaganan Kesehatan ternak.

Bahkan soal ATP dan Kesehatan Ternak sama sekali tidak muncul soalnya di Bima dan Mataram. Untuk soal keahlian yang lain soal tidak muncul variatif nomornya, misalnya, SMK Yusuf Abdussatar (NTB) jurusan Rekayasa Perangkat Lunak (RPL) banyak soal yg tidak muncullebih Dari 20 soal.

‎Di Mataram soal TAV (Teknik Audio Visual) mengalami soal kosong tapi bervariatif tiap nomor soalnya.‎

SMKN 1 Taliwang (NTB) siswa RPL (Rekayasa Perangkat Lunak) 20 soal tidak muncul di satu ruang, tapi ada yang tidak muncul muncul soal lima sampai tujuh soal dan di ruang yang lain siswa RPL muncul semua soalnya.

UNBK di SMKPPN Bima, mata uji Penanganan Kesehatan Ternak (PTK) tdk ada soal yg muncul. SMK plampang (NTB) RPL kosong sampai 15 soal.‎

SMKN Pringgasela soal keahlian ATP (Agribisnis Taaman Perkebunan) soal tidak muncul seluruhnya.

"Semua siswa Jurusan perbankan SMKN1 Dompu (NTB) tidak muncul soal di atas 20 nomor. Hal yang sama juga terjadi di Tasikmalaya," ucapnya. (esy/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Usai Ujian Siswa Langsung Dikumpulkan di Masjid


Redaktur & Reporter : Mesya Mohamad

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Tag
UNBK   FSGI  

Terpopuler