Soal Usulan Cetak Uang Hingga Rp 600 Triliun, Rizal Ramli: Rontok!

Kamis, 07 Mei 2020 – 05:27 WIB
Usulan cetak uang hingga Rp 600 Triliun ditentang Rizal Ramli. Ilustrasi Foto: dok.JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Ekonom senior Rizal Ramli menanggapi usulan Ketua Badan Anggaran DPR RI Said Abdullah agar Bank Indonesia (BI) mencetak uang sekitar Rp400 triliun hingga Rp 600 triliun, guna menopang pembiayaan penanganan pandemi virus corona jenis baru (Covid-19).

Lewat cuitannya di Twitter, mantan menteri koordinator kemaritiman itu memberikan peringatan keras kepada DPR.

BACA JUGA: Aduh, Lagi-lagi dari Klaster Temboro Magetan

"DPR @DPR_RI apa ndak malu? Ketum Partai yang ngotot, masak mau mengorbankan partainya hanya untuk ambisi pribadi yg ngawur dan merusak ekonomi Indonesia? Cetak uang akan picu inflasi dan rontok-kan nilai Rupiah!!" cuit @RamliRizal, Rabu (6/5).

Terpisah, Anggota Komisi XI DPR RI Heri Gunawan mengatakan rekomendasi kepada BI untuk mencetak uang Rp400-600 triliun, kemungkinan karena skenario penganggaran pemerintah untuk menangani Covid-19 diperkirakan tidak mencukupi.

BACA JUGA: Industri Jenis Ini Tetap Moncer di Tengah Pandemi Corona, Ekspor Lancar Jaya

Legislator Gerindra ini pun tidak setuju dengan gagasan tersebut karena akan berdampak pada risiko inflasi yang tinggi.

Implikasinya menurut dia akan berat bagi perekonomian nasional.

BACA JUGA: Polisi Menembak Ban Sepeda Motor Penjahat, Peluru Memantul, Menancap di Rusuk Aditya

"Apabila terjadi inflasi maka peredaran uang menjadi tinggi di masyarakat, jika tidak diimbangi dengan pasokan produksi yang memadai akan berakibat, harga barang akan melonjak yang membuat daya beli masyarakat menurun," kata Hergun.

Di sisi lain, sektor industri akan mengurangi produksi karena harga barang yang tinggi.

Imbasnya, industri atau perusahaan bisa mengurangi jumlah tenaga kerja atau terjadi pemutusan hubungan kerja.

"Hal ini membuat perekonomian Indonesia merosot dan investasi di Tanah Air menjadi tidak menarik di kalangan investor serta stabilitas rupiah menjadi anjlok," kata Hergun.

Ketua Badan Anggaran DPR RI Said Abdullah mengatakan, saat ini pemerintah tengah menimbang sejumlah langkah yang bisa diambil untuk menyelamatkan ekonomi nasional di tengah pandemi virus corona atau Covid-19.

Politikus PDI Perjuangan ini menyarankan beberapa opsi demi menjaga stabilitas keuangan nasional.

Hal ini karena skenario penganggaran yang direncanakan pemerintah tampaknya kurang mencukupi.

Menurut Said, usulan tersebut didasarkan pada ancaman terhadap keringnya likuiditas perbankan sebagai akibat menurunkannya kegiatan ekonomi, sehingga menurunnya kemampuan debitur membayar kredit.

“Selain itu, membesarnya kebutuhan pembiayaan APBN yang tidak mudah ditopang dari pembiayaan utang melalui skema global bond, maupun pinjaman internasional melalui berbagai lembaga keuangan,” ujar Said Abdullah dalam keterangan tertulisnya, Rabu (29/4).

Berpijak pada dua hal tersebut, Banggar DPR merekomendasikan kepada Bank Indonesia dan pemerintah untuk melakukan sejumlah hal salah satunya mencetak uang dalam jumlah besar.

“Bank Indonesia juga dapat mencetak uang dengan jumlah Rp 400-600 triliun sebagai penopang dan opsi pembiayaan yang dibutuhkan oleh pemerintah,” katanya menyarankan. (fat/jpnn)


Redaktur & Reporter : M. Fathra Nazrul Islam

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler