Sobat Erick Gelar Kontes Latte Art, Dukung UMKM Pengembang Kopi

Minggu, 20 Maret 2022 – 00:38 WIB
Kontes Latte Art. Foto: dok Sobat Erick

jpnn.com, PALEMBANG - Sukarelawan yang tergabung dalam Relawan Sobat Erick menggelar Kontes Latte Art untuk mengangkat kembali kejayaan kopi di Sumsel.

Kopi sebelumnya merupakan salah satu komoditas unggulan yang sempat menyejahterakan masyarakat beberapa kawasan di Sumatera Selatan.

BACA JUGA: Erick Thohir Bubarkan BUMN Mati Suri untuk Tingkatkan Ekonomi Masyarakat

Namun, dengan adanya pandemi dan beberapa faktor lainnya membuat terjadi perubahan pada hal tersebut.

Oleh karena itu, Relawan Sobat Erick menggelar Kontes Latte Art tersebut. Kontes ini sejalan dengan program Erick Thohir dalam meningkatkan nilai kopi Indonesia di dalam negeri.

BACA JUGA: Erick Thohir Berpeluang Besar Menikmati Jokowi Effect pada 2024

Sobat Erick ikut membantu mempertahankan nilai kopi agar tidak turun khususnya di Palembang, dengan mendukung meningkatkan popularitas kopi lewat pergelaran kontes ini.

Hal tersebut disampaikan oleh Ketua DPD Sobat Erick Sumatera Selatan Zain Ismed pada saat di tengah kegiatan.
 
Relawan Sobat Erick Palembang menggelar serangkaian kegiatan dalam rangka mendukung Menteri BUMN Erick Thohir untuk maju sebagai calon presiden di 2024 mendatang serta membantu masyarakat untuk bangkit dan bertahan di masa pandemi.
 
Kegiatan Sobat Erick diawali dengan Senam Sehat bersama Komunitas Ibu – ibu Posyandu dan Dasa Wisma Sekarwangi Jl. Tugumulyo Kec. Ilir Timur I, Kota Palembang, Sumatera Selatan.

BACA JUGA: Erick Thohir Ungkap Isi Pembicaraan Saat Berkemah Bareng Jokowi di Titik Nol IKN

Senam Sehat ini digelar atas tujuan untuk menjaga imunitas tubuh serta kebugaran masyarakat sekitar, mengingat kondisi Indonesia masih dalam pandemi covid-19.

Di lokasi tersebut juga, Sobat Erick memborong dagangan pedagang kakil lima untuk mendukung pelaku UMKM sekitar dan dibagikan kepada masayarakat setempat yang melintas.

Sukarelawan Sobat Erick berharap dengan diborongnya dagangan tersebut, para pelaku UMKM dapat teringankan bebannya.
 
“Dagangan yang kami borong ini nantinya dibagikan kepada masyakarat yang melintas. Memborong dagangan pedagang kaki lima adalah salah satu simbol dalam mendukung Pak Erick Thohir yang juga sering membantu rakyat kecil seperti ini. Semoga para pedagang dapat terbantu dengan adanya kegiatan kami ini," ujar Ketua Ismed saat dimintai keterangan.

Lalu, Sobat Erick melanjutkan dengan selebrasi pemenang Kontes Latte Art Sobat Erick di Guns Café.

Sebelumnya Sobat Erick menggelar Kontes LatteArt daring lewat platform media sosial Instagram pada14 – 17 Maret 2022 dan 3 pemenang terpilih akan diundang ke Guns Café Palembang pada 19 Maret 2022.

Kontes itu dijurikan langsung Ketua Zain Ismed yang sekaligus Ketua Dewan Kopi Sumsel dan Iqbal Rudianto Ketua Specialty Coffee Association of Indonesia (SCAI) Sumsel.

Iqbal Rudianto, Ketua Specialty Coffee Association of Indonesia (SCAI) Sumsel mengatakan bahwa kontes pembuatan Latte Art sangat positif dilakukan, karena Palembang adalah salah satu penghasil kopi terbesar.

Hal ini, menurutnya, sejalan dengan apa yang dilakukan Erick Thohir dalam keperbihakkannya terhadap petani dan pengusaha kopi.
 
Para pemenang terpilih diberikan hadiah dana tunai langsung di Guns Café yang berlokasi di Jl. Tasik No.6, Talang Semut, Kec. Bukit Kecil, Kota Palembang, Sumatera Selatan.
 
“Suatu kebanggaan tersendiri bagi saya bisa menjadi salah – satu pemenang dari kontes yang dibuat oleh Sobat Erick ini, apalagi jurinya juga tidak main – main. Pak Erick juga adalah menteri yang sedang berupaya mempertahankan ekosistem kopi di Indonesia, saya sangat mengapresiasinya,” kata Pandu Nariyah salah-satu pemenang.
 
Masih di tempat yang sama, Sobat Erick juga berkesempatan memberikan bantuan fasilitat penunjang belajar berupa smartphone untuk diberikan kepada salah satu mahasiswi berprestasi dari Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang.

Khairunnisa Ayu Asmara saat menerima mengucapkan terima kasih kepada Sobat Erick terhadap bantuan smartphone yang diterimanya.

Sebagai mahasiswi semester II itu, Nissa juga mengaku kagum kepada sosok Erick Thohir yang selalu terus membantu masyarakat lewat programnya di BUMN.

Melanjutkan rangkaian kegiatan, Sobat Erick bersilaturahmi dan bersosialisasi kepada warga para pekerja TPA dan petugas kebersihan di Jl. Sukawinatan, Sukajaya, Kota Palembang, Sumatera Selatan. Selain itu, Sobat Erick juga membagikan sejumlah paket sembako kepada  warga tersebut. Rombongan Relawan Sobat Erick disambut dengan senyum hangat warga saat melakukan kunjungan tersebut.

Selanjutnya rombongan Sobat Erick langsung menuju Dapur Kemas Nyimas salah satu tempat pelaku usaha UMKM pembuat Pempek untuk diberi bantuan berupa dana tunai.

Kemas Nyimas menerima langsung bantuan tersebut di tempat usahanya yang berlokasi di Jl. Gotong Royong III No.67, Suka Maju, Kec. Sako, Kota Palembang, Sumatera Selatan.

Selain menjual Pempek, Nyimas juga membantu mengajarkan Ibu – ibu sekitar cara membuat Pempek.
 
“Alhamdulillah. Saya berterima kasih kepada Relawan Sobat Erick atas bantuan untuk mendukung usaha saya pempek Palembang saya ini. Semoga para relawan tetap sehat dalam menjalani menyebar kebaikan positifnya,” kata Nyimas.
 
Di akhir kegiatan, Sobat Erick juga mengunjungi Panti Asuhan Ya Ummi yang berlokasi di Jl. Sukabangun I, Lrg. Sukaindah RT21/03 No. 1102 Kel. Sukabangun Kec. Sukarami, Kota Palembang, Sumatera Selatan, untuk menjalin silaturahmi dengan penghuni panti serta memberikan bantuan sembako.(flo/jpnn)


Redaktur & Reporter : Natalia

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Tag
kopi   Erick Thohir   UMKM   Sobat Erick  

Terpopuler