SociopreneurID dan Surya University Gelar Ajang BCreator

Jumat, 20 Juli 2018 – 16:59 WIB
Ajang BCreator. Foto: for JPNN.com

jpnn.com, TANGERANG - SociopreneurID bekerja sama dengan Program Studi Technopreneurship, Surya University menggelar ajang Be A Creative Innovator (BCreator) yang dilaksanakan di SMPN 1 Pagedangan, Kabupaten Tangerang, Kamis (19/7).

Acara ini bertujuan untuk meningkatkan kreativitas dan kepekaan anak terhadap lingkungan sekitar yang ditanamkan melalui sejumlah permainan. BCreator dihadiri oleh 105 anak dan 20 relawan.

BACA JUGA: Menanamkan Kewirausahaan Kepada Anak Hebat Anak Indonesia

Peserta diajak untuk bermain sambil belajar melalui beberapa metode pembelajaran yang mendorong mereka untuk aktif dalam kerja sama tim, berimajinasi, peka terhadap lingkungan sekitar, dan meningkatkan kemampuan berkomunikasi.

Salah satu tujuan dari metode pembelajaran ini adalah untuk menjadikan peserta sebagai calon inovator di masa depan.

BACA JUGA: FeLiKan 2017: Memupuk Kreativitas Lingkungan Sejak Dini

Acara BCreator dimulai dengan pemberian kata sambutan oleh kepala sekolah SMPN 1 Pagedangan, Ratna Suminar, dilanjutkan dengan sambutan dari Christian Putra selaku Ketua acara BCreator.

Pada sesi pertama acara dilakukan permainan Who Am I?, yang mengajak anak untuk lebih memahami dirinya sendiri dengan cara mengekspresikannya melalui gambar.

 

Permainan Look Around You pada sesi kedua mengajak anak untuk melihat dan menuliskan hal-hal kecil yang tidak pernah mereka perhatikan sebelumnya.

Selanjutnya, pada sesi ketiga terdapat permainan Let’s Think Creatively yaitu permainan untuk melatih anak berpikir kritis melalui teknik Six Thinking Hats.

Pada sesi terakhir, terdapat permainan I Made It! yang mendorong kreativitas dan kepekaan anak untuk menghasilkan sebuah produk yang dibuat secara berkelompok, sesuai dengan studi kasus yang diberikan.

Produk yang telah dibuat kemudian dipresentasikan oleh masing-masing kelompok dan kemudian dilakukan penjurian untuk mendapatkan tiga kelompok terbaik. Acara ditutup dengan penyerahan hadiah dan foto bersama peserta BCreator 2018.

Pihak SMP N 1 Pagedangan berharap agar acara ini dilakukan secara berkelanjutan. “Kami berharap agar pihak Surya University bisa membuat kegiatan serupa lagi di sekolah ini,” tutur Ratna Suminar. (adk/jpnn)

 


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler