Soroti Pidato Jokowi soal International Trust, Prof Zainuddin Maliki: Jangan Sia-siakan

Kamis, 17 Agustus 2023 – 17:25 WIB
Anggota Komisi X DPR RI Prof Zainuddin Maliki. Foto: source for JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Anggota Komisi X DPR RI Prof Zainuddin Maliki menyoroti pidato kenegaraan Presiden Joko Widodo (Jokowi) soal international trus yang dimiliki Indonesia, dalam Sidang Tahunan MPR, Rabu (16/8).

Jokowi sebelumnya menyampaikan kepercayan itu diraih karena konsistensi Indonesia dalam menjunjung HAM, kemanusiaan, dan kesetaraan, serta kesuksesan RI menghadapi krisis dunia tiga tahun terakhir ini.

BACA JUGA: Syahganda Kritik Pidato Kenegaraan Presiden Jokowi

Nah, Prof Zainuddin pun menyampaikan bahwa kepercayaan internasional kepada Indonesia tidak boleh disia-siakan.

"Saya menaruh harapan agar modal sosial itu tidak disia-siakan," ujar legislator Fraksi PAN itu dalam siaran pers di Jakarta, Kamis (17/8).

BACA JUGA: Sahabat Ganjar Menyayangkan Penggunaan Museum Proklamasi untuk Deklarasi Capres

Dia menyebut internasional trust yang digambarkan Presiden Jokowi, seperi peran Presidensi Indonesia di G20 dan keketuaan Indonesia di ASEAN adalah bentuk kepercayaan internasional yang harus bisa dikapitalisasi untuk menjadikan RI sebagai negara yang diperhitungkan di percaturan dunia.

"Jika bisa dikapitalisasi dengan baik, bukan hanya berpeluang besar untuk meraih Indonesia Emas 2045, tetapi lebih dari itu bisa berpeluang meraih posisi jadi lima besar negara yang kekuatan ekonominya memengaruhi dunia," tuturnya.

BACA JUGA: Bagaimana Nasib PKB Seusai Golkar dan PAN Dukung Prabowo?

Prof Zainuddin mengatakan bahwa saat ini tengah terjadi pergeseran kekuatan global yang tidak terelakkan dari Barat ke Asia.

"Bukan lagi westernisasi, saat ini tengah berlangsung arus easternisasi," ucapnya mengutip tulisan Kishore Mahbubani, ahli globalisasi dari National University of Singapore.

Sayangnya, kata mantan Rektor Universitas Muhammadiyah Surabaya itu, saat ini Indonesia masih di halaman belakang Asia Baru.

"Oleh karena itu trust atau kepercayaan internasional adalah modal sosial yang sangat berharga bagi Indonesia untuk melakukan lompatan ke halaman depan Asia Baru," ucapnya.

Dia berpendapat bahwa upaya untuk meningkatkan kemampuan mengkapitalisasi modal sosial berupa kepercayaan internasional itu harus diimbangi sejumlah langkah strategis.

Legislator DPR RI asal Dapil X Jatim (Gresik dan Lamongan) itu bahkan menyebut faktor kepemimpinan nasional akan menjadi sangat menentukan.

"Oleh karena itu, mari kita pastikan Pemilu 2024 nanti lahir pemimpin yang diyakini bisa mengawal lompatan Indonesia ke halaman depan Asia baru," ujar Prof Zainuddin.(fat/jpnn)


Redaktur & Reporter : M. Fathra Nazrul Islam

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler