Sosialisasi, Cara Bea Cukai Mengajak Masyarakat Memahami Ketentuan Cukai

Jumat, 25 Juni 2021 – 21:30 WIB
Bea Cukai terus berupaya meningkatkan pemahaman dan pengetahuan masyarakat tentang ketentuan cukai. Foto: Bea Cukai.

jpnn.com, JAKARTA - Bea Cukai terus berupaya meningkatkan pemahaman dan pengetahuan masyarakat tentang ketentuan cukai lewat sosialisasi secara langsung maupun televisi dan radio.

Ini merupakan wujud implementasi salah satu tugas Bea Cukai sebagai community protector.

BACA JUGA: Sudiro Beber Sederet Manfaat CVC Bea Cukai

Bea Cukai Sidoarjo bersama Pemerintah Kabupaten Sidoarjo, Jawa Timur, melakukan sosialisasi cukai kepada perangkat desa dan perwakilan warga Kecamatan Tulangan, Kabupaten Sidoarjo, di Balai Desa Pangkemiri.

Materi yang disampaikan dengan dialog terbuka ini berisikan pengenalan cukai.

BACA JUGA: Bea Cukai dan Polri Menggagalkan Penyelundupan 19 Kilogram Sabu-Sabu dan 500 Butir Ekstasi

Selain itu, pengenalan secara umum tentang rokok ilegal, cara identifikasi pita cukai, serta tindak lanjut terhadap barang hasil penindakan.

Masih dengan tema yang sama, Bea Cukai Malang menggandeng Pemerintah Kabupaten Malang menggelar sosialisasi kepada para perangkat desa dan kecamatan hingga para pelaku usaha pemilik toko atau kios yang menjual rokok di wilayah Kecamatan Dampit.

BACA JUGA: Sosialisasi Empat Pilar di Tanah Mandar, Fadel Muhammad: Pertanian Tulang Punggung Ekonomi

Bea Cukai Malang juga melakukan sosialisasi lewat radio.

Bekerja sama dengan Pemerintah Kabupaten Malang, Bea Cukai Malang mengudara di Kanjuruhan FM untuk memberikan sosialisasi terkait ketentuan cukai kepada masyarakat. Talkshow ini juga disiarkan secara live melalui kanal YouTube LPPL Radio Kanjuruhan FM.

Bea Cukai Magelang berupaya mengajak masyarakat agar ikut andil dalam gempur peredaran rokok ilegal dengan mengadakan kegiatan sosialisasi kepada para Lurah dan Linmas di wilayah Kabupaten Purworejo, Jawa Tengah. Sosialisasi yang digelar di Gedung KPRI Maju Loano, itu merupakan bentuk sinergi Bea Cukai Magelang dengan Satpol PP dan Damkar Purworejo.

Bea Cukai Langsa lakukan sosialisasi cukai di wilayah Kabupaten Aceh Tenggara dan Kabupaten Gayo Lues. Sosialisasi itu merupakan program inovasi Bea Cukai Langsa dalam mendekatkan diri kepada masyarakat guna memberikan pemahaman tentang ketentuan cukai khususnya hasil tembakau.

Bea Cukai juga menggalakkan sosialisasi lewat media televisi.

Bea Cukai Madura bersama Pemerintah Kabupaten Pamekasan menjadi narasumber dalam program ‘Dialog Khusus’ milik JTV Madura dengan tema ‘Bangkit bersama DBHCHT’.

Bea Cukai Madura hadir untuk mengedukasi masyarakat terkait cukai dan DBHCHT.

Harapannya, masyarakat paham akan manfaat cukai dan program-program pemerintah yang menggunakan DBHCHT.

"Sosialisasi menjadi langkah strategis yang dilakukan Bea Cukai dalam memberikan pemahaman dan asistensi kepada berbagai pihak, dengan harapan dapat meningkatkan kinerja instansi serta mengamankan hak-hak negara dari sisi penerimaan khususnya di bidang cukai,” pungkas Pejabat Fungsional Bea Cukai Madura Tesar Pratama. (*/jpnn)


Redaktur & Reporter : Boy

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler