Spanyol-Portugal Dominasi Piala UEFA

Jumat, 06 April 2012 – 07:47 WIB

VALENCIA - Final UEFA Cup baru akan berlangsung pada 9 Mei mendatang di National Arena, Bukarest. Namun piala kejuaraan antarklub Eropa tersebut sudah pasti akan pulang ke Semenanjung Iberia. Pasalnya dari hasil Semifinal Jumat (6/5) dini hari tadi, empat tiket yang ada direbut oleh utusan Spanyol dan Portugal. Mereka adalah Valencia, Athletico Madrid dan Athletic Bilbao dan klub Portugal Sporting Lisbon.

Dalam laga leg penentuan Jumat (5/4) dinihari, Valencia sukses menggulung wakil Belanda AZ Alkmaar dengan skor telak 4:0. Torehan Valenia ini sekaligus mengobati dendam mereka setelah kalah 1:2 dalam laga di kandang Alkmaar.

Empat gol tersebut membuat agregat menjadi 5:2 dan mengantar "Kelelawar Mestalla" itu melaju ke semifinal. Gol-gol tersebut dicetak Adil Rami di menit ke 15 dan 17,  Jordi Alba,  Pablo dan Alvarado.

Sementara itu di San Mames, Athletic Bilbao melaju ke semifinal setelah menahan imbang klub Jerman, Schalke 04 dengan skor 2-2. Hasil ini membuat  agregat menjadi  6:4 karena sebelumnya dalam laga tandang, anak asuh Marcelo Bielsa ini sukses menggunduli Schalke 0:4 di kandang mereka sendiri.

Dalam pertandingan yang berlangsung dini hari tadi Schalke membuka keunggulan lewat tendangan keras Klaas-Jan Huntelaar  pada menit ke-29. Namun tuan rumah  Bilbao langsung menyamakan skor  pada menit ke-41 lewat tendangan pemain pengganti, Ibai Gomez.

Pada awal babak kedua tepatnya pada menit ke-52 striker veteran Schalke asal Spanyol, Raul Gonzales membuat tim tamu unggul 1:2. Namun  tiga menit kemudian anak-anak Tanah Basque lewat Markel Susaeta mampu menyamakan kedudukan menjadi 2:2.

Demikian halnya dengan Atletico Madrid yang pada dini hari tadi merebut tiket semifinal Liga Europa setelah menaklukkan klub Jerman lainnya, Hannover dengan skor 2-1. Dengan kemenangan ini Atletico sukses mengemas agregat 4:2 setelah pada laga perdana mengalahkan Hanover di Madrid pekan lalu.

Gol-gol dalam laga penentuan ini hadir pada babak kedua.  Atletico sukses membuka skor pada menit ke-63 lewat  Adrian yang sukses melewati hadangan lini belakang Hanover.

Menit ke-81, asa tuan rumah Hanover sebenarnya terbuka setelah  Diouf mencatatkan namanya di papan skor. Kedudukan kini menjadi 1:1. Namun asa itu buyar setelah tim tamu mengubah anka menjadi 2;1 pada menit ke-87. Radamel Falcao sukses memaksimalkan umpan manis  Diego Ribas untuk mencetak gol kemenangan. Skor 2:1 menutup laga kemenangan Atletico.

Sementara satu-satunya wakil Portugal Sporting Lisbon meraih tiket setelah menundukkan duta Ukraina, Metalist Kharkiv dengan skor agregat 3:2. Dalam laga tandang,  Sporting berhasil menahan imbang Methalis di Metalist Stadium dengan skor 1:1 . Sporting membuka keunggulan lewat  Ricky van Wolfswinkel di menit ke 44. Sementara gol penyeimbang tuan rumah dicetak   Jonatan Ezquiel Cristaldo   di menit ke 57.(zul/jpnn)
BACA ARTIKEL LAINNYA... Manakane Gagal Ikuti Jejak Chris John


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler