Spirit Menang Indonesia saat Menjamu Australia

Rabu, 28 Januari 2009 – 08:56 WIB
JAKARTA - Lolos putaran final Piala Asia 2001 menjadi target mati bagi IndonesiaPerjuangan pun telah dimulai

BACA JUGA: Pengamanan Lebih Ketat Jelang Pertandingan Indonesia v Australia

Setelah meraih satu angka di kandang Oman (19/1), pasukan Merah Putih punya kesempatan untuk menambah poin saat menjamu Australia di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta, malam ini (Tayangan langsung RCTI pukul 19.30 WIB).

Australia memang bukan Oman
Sukses meraih angka dari Oman bukan jaminan Charis Yulianto bakal mengulangi sukses itu saat meladeni Australia

BACA JUGA: Ronaldinho Kembali ke Timnas

Namun, target menang tetap dikumandangkan
Bermain di depan publik sendiri menjadi modal penting bagi Indonesia.

''Sebagai pelatih tentu saya ingin memenangkan pertandingan besok (hari ini, red)

BACA JUGA: Santa Cruz Sulit, Target Keane

Kalau tidak ingin memang, lebih baik saya berselimut sarung saja,'' koar Benny Dolo, pelatih Indonesia, kemarin (27/1).

Pernyataan Bendol - sapaan akrab Benny Dolo - itu cukup melegakanSebab, sebelumnya dia kukuh hanya memasang target seriPadahal, publik menuntut kemenanganMaklum, ini adalah laga perdana Indonesia di kandang sendiriSudah sepantasnya kalau skuad Merah Putih mengumandangkan target menang

Bukan saja karena kemenangan akan memudahkan langkah Indonesia meraih tiket Piala Asia 2011Di sisi lain, Australia datang tidak dengan kekuatan utamaMereka juga masih dilanda kelelahanBanyak pemainnya yang baru saja menyelesaikan pertandingan di kompetisi Liga Australia pada Minggu lalu (25/1)

''Untuk mewujudkan kemenangan, kami tidak boleh lenggak-lenggok sajaKami tidak boleh meremehkan merekaYang pasti kami harus tampil lebih keluar,'' tegas Bendol.

Optimisme Bendol senada dengan semangat yang diusung para pemainSukses membawa pulang satu angka dari kandang Oman pekan lalu melambungkan kepercayaan diri punggawa IndonesiaApalagi, kali ini mereka bakal bermain di kandang sendiri.

''Semoga saja kami bisa melewati pertandingan besok (hari iniRed) dengan kemenangan dan saya bisa menyumbangkan gol untuk Indonesia,'' ujar Budi Sudarsono, striker Indonesia.

Di sisi lain, meski banyak mengusung muka-muka baru, kubu Australia tetap percaya diriMereka juga tidak jemawa dan menganggap enteng IndonesiaPelatih Australia Pim Verbeek menyebut pertandingan ini bakal berjalan sulitTidak mudah menundukkan Indonesia di depan pendukungnya yang fanatik

''Tidak ada istilah kami meremehkan merekaKenapa kami lebih memakai pemain-pemain ini? Saya pikir mereka merupakan pemain-pemain terbaik yang ada di kompetisi Australia,'' kata pelatih asal Belanda tersebut.

Mantan pelatih Korsel itu sangat yakin dengan kemampuan pasukannyaKarena itu, dia tidak merasa ada masalah meski mayoritas pemainnya minim pengalaman internasional dan baru saja melakoni kompetisi domestik

'Tidak ada beban bagi kami meski tampil tanpa pemain yang bermain di EropaJustru ini saat bagi para pemain muda untuk menunjukkan diri,'' kata Craig Moore, kapten Australia(fim/ca)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Ronnie Bela Brazil Lawan Italia


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler