Sri Mulyani, Perempuan Berpengaruh Dunia

Jumat, 24 Mei 2013 – 06:23 WIB
KIPRAH mantan Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati diapresiasi publik internasional. Managing director Bank Dunia tersebut menduduki peringkat ke-55 dalam daftar 100 tokoh perempuan paling berpengaruh dunia versi majalah Forbes. Itu bukan kali pertama perempuan yang akrab disapa Ani tersebut masuk dalam daftar bergengi itu. Tahun lalu dia berada di posisi ke-57.
 
Untuk level Asia, Sri Mulyani berada di urutan ketujuh. Presiden Korea Selatan (Korsel) Park Guen-hye memuncaki daftar perempuan terkuat Asia dengan berada di peringkat ke-11 dunia. Peringkat kedua Asia diduduki Ketua Partai LDP Aung San Suu Kyi yang menghuni posisi ke-29 dunia, disusul Perdana Menteri (PM) Thailand Yingluck Shinawatra yang bertengger di peringkat ke-31.
 
Sri Mulyani menguntit persis Ibu Negara Tiongkok Liyuan Peng yang berada di peringkat ke-54 dunia. Forbes menilai, Sri Mulyani lebih berpengaruh dibanding CEO Temasek Ho Ching dan Menteri Perdagangan Arab Saudi Sheikha Lubna Al Qasimi. Dalam daftar tersebut, Ho berada di peringkat ke-64. Penyanyi kondang Beyonce bertengger di posisi ke-20 dan presenter Oprah Winfrey di peringkat ke-13.
 
Peringkat pertama tetap dipegang Kanselir Jerman Angela Merkel, diikuti Presiden Brasil Dilma Rousseff, dan filantropis Melinda Gates. Menyusul di belakang mereka Ibu Negara Amerika Serikat (AS) Michelle Obama serta mantan Menteri Luar Negeri AS Hillary Rodham Clinton."Yang masuk dalam daftar tersebut adalah perempuan dari berbagai macam latar belakang. Ada selebriti, politisi, miliuner, hingga ibu negara. (wan/c5/ca)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Susno Cicil Uang Pengganti Rp 500 juta

Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler