Srikandi Ganjar Gelar Pelatihan Mengukir Kayu di Jepara, Para Perempuan Milenial Antusias

Minggu, 30 Juli 2023 – 20:19 WIB
Srikandi Ganjar menggelar pelatihan mengukir kayu bertema 'Wood Engrave' bersama puluhan perempuan milenial di Desa Wonosari, Kecamatan Tahunan, Kabupaten Jepara, Sabtu (29/7). Foto: Dokumentasi Srikandi Ganjar

jpnn.com, JEPARA - Sukarelawan Srikandi Ganjar terus memberdayakan para perempuan milenial melalui kegiatan-kegiatan bermanfaat agar memiliki bekal di dunia kerja maupun usaha.

Lewat program-program yang kerap diadakan pendukung Ganjar Pranowo ini, generasi muda terstimulasi agar lebih kreatif dan inovatif.

BACA JUGA: Ganjar Ajak Semua Pihak Beri Perhatian Khusus soal Kesehatan Mental

Kali ini, Srikandi Ganjar menggelar pelatihan mengukir kayu bertema 'Wood Engrave' bersama puluhan perempuan milenial di Desa Wonosari, Kecamatan Tahunan, Kabupaten Jepara, Jawa Tengah (Jateng), pada Sabtu (29/7).

BACA JUGA: Ganjar Pranowo Pastikan Lanjutkan Program Jokowi, Tidak Mungkin Dihentikan

Srikandi Ganjar menggelar pelatihan mengukir kayu bertema 'Wood Engrave' bersama puluhan perempuan milenial di Jepara, Sabtu (29/7). Foto: Dokumentasi Srikandi Ganjar

Perwakilan Srikandi Ganjar Jateng Izzati Erni mengatakan Jepara terkenal dengan seni ukir.

Para perajin kriya memanfaatkan ukiran khas Jepara untuk dijadikan berbagai macam mebel.

"Kami mengadakan workshop kerajinan tangan mengukir kayu di Kabupaten Jepara. Banyak masyarakat yang fokus di bidang seni ukir yang menghasilkan berbagai macam produk, seperti mebel, hiasan dinding, dan lain sebagainya," ungkap Izzati Erni.

Melalui pelatihan mengukir kayu, kata Erni, pihaknya berusaha menstimulasi para perempuan milenial di sini untuk mengembangkan kemampuan dan kreativitas mereka di bidang kerajinan tangan.

Perempuan berusia 30 tahun ini mengatakan pelatihan tersebut sekaligus memberikan inspirasi bagi para peserta untuk membuka usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) kriya.

"Kami menstimulasi perempuan milenial di Kabupaten Jepara agar lebih mengapresiasi kebudayaan lokal di sini lewat pelatihan mengukir kayu," ujarnya.

Menurut Erni, dengan mengikuti pelatihan ini, mereka nantinya bisa berpeluang membuka usaha kriya di industri kreatif.

Erni juga berharap generasi muda yang nantinya berkecimpung dalam bisnis kriya ini dapat membuka lapangan pekerjaan baru sehingga bisa meningkatkan perekonomian keluarga dan masyarakat di Jepara.

Srikandi Ganjar Jateng terinspirasi oleh bakal calon presiden (bacapres) Ganjar Pranowo dalam menggelar program pelatihan mengukir kayu.

"Kegiatan hari ini terinspirasi dari sosok Pak Ganjar yang men-support UMKM Indonesia, khususnya kebudayaan lokal di Jepara, yaitu seni ukir kayu," ujarnya.

Erni menuturkan pelatihan ini disambut baik oleh generasi muda di Jepara.

Ada puluhan peserta yang belajar memahat kayu, mulai membuat pola ukiran hingga mengecat.

"Ada puluhan perempuan milenial yang hadir dalam pelatihan ini. Teman-teman sangat antusias dari mulai membuat pola hingga finishing. Kami praktik dan lakukan bareng-bareng," ujarnya.

Dalam kegiatan ini, Srikandi Ganjar Jateng dan para peserta mendoakan Ganjar Pranowo agar menjadi presiden Indonesia periode 2024-2029.

Sementara itu, Adinda Nur Liftalina sebagai peserta pelatihan mengatakan kegiatan yang digelar Srikandi Ganjar Jateng ini sangat bermanfaat bagi perempuan milenial di Jepara karena dapat mengasah skill mereka dalam mengukir kayu untuk dijadikan mebel.

"Pemuda-pemudi bisa lebih kreatif dan nantinya bisa jadi perajin kayu. Di sini, kami diajari mengukir, menata, kemudian mencat," ungkapnya.

Setelah mengikuti program ini, perempuan berusia 22 tahun tersebut tertarik menjadi perajin kayu dan mebel.

Dengan begitu, lapangan pekerjaan bagi masyarakat Jepara makin terbuka.

"Jepara dikenal sebagai kota ukir. Karena itu, saya berminat untuk membuka usaha dan menjadi pengusaha ukir mebel," katanya.

Adinda berharap Srikandi Ganjar terus membuat pelatihan yang mendukung kreativitas perempuan milenial di beberapa daerah.

"Harapan saya, Srikandi Ganjar lebih maju dan kreatif dalam membuat kegiatan untuk mengajak pemuda-pemudi di Jepara. Semoga Pak Ganjar bisa menjadi pemimpin Indonesia ke depan," ujarnya. (mar1/jpnn)

Simak! Video Pilihan Redaksi:


Redaktur & Reporter : Sutresno Wahyudi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler