Sriwijaya FC Menanti Ledakan Tantan

Selasa, 26 Maret 2013 – 09:25 WIB
BANGKALAN-Sriwijaya FC punya senjata andalan buat melumpuhkan Persepam Madura United (P-MU) di Stadion Gelora Bangkalan, Madura, sore ini (26/3). Dia adalah Tantan. Striker bertubuh gempal ini diperkirakan bakal tampil meledakledak.

Bisa saja pada laga nanti (live TVOne pukul 15.30 WIB)  menjadi ajang pelampiasan eks penyerang Persitara Jakarta Utara tersebut atas kegagalan menembus skuad utama Tim Nasional (Timnas) Indonesia Pra Piala Asia 2015 akibat tidak memiliki paspor. Tidak hanya itu saja, pemain berjuluk Si Byson itu juga bakal menanggung beban ketajaman lini depan. Mengingat klub berjuluk Laskar Wong Kito tidak akan diperkuat sang top skor Boakay Eddie Foday dengan alasan perkuat Timnas Liberia.
     
"Saya dalam kondisi fit. Jika coach (Kashartadi, red) percayakan untuk jadi starter saya siap," ujar Tantan kepada Sumatera Ekspres (Grup JPNN), Senin (25/3).
     
Pemilik jersey 10 tersebut mengaku tidak ada target pribadi hadapi Laskar Sape Kerab (julukan Persepam). Ia hanya ingin pulang membawa tiga poin dari klub berstatus promosi Indonesia Super League (ISL) 2012/2013. "Semua pemain dalam kondisi siap. Teman-teman juga optimis bisa meraih poin dari Madura," tukas dia.
     
Tantan sendiri kini sudah mengemas 4 gol. Tiga diantaranya diciptakan dalam satu pertandingan saat menang lawan Persegres 4-3 di Gresik, (1/3) lalu. Kashartadi tactitian Sriwijaya FC, mengaku tidak akan menyianyiakan jasa Tantan. Terlebih performan Tantan terus menunjukan kemajuan. "Kita akan masukkan Tantan dalam starting eleven," ujar pria 42 tahun itu.
     
Kas ,sapaan akrabnya, mengaku tidak banyak pilihan untuk lini depan. Sebab Foday selama ini jadi pilar utama tidak bisa diturunkan. Dengan begitu untuk penyerang tinggal menyisakan, Hilton Morierra (Brazil) dan Aliyudin.

"Kemungkinan kita akan duetkan Hilton dan Tantan di depan. Sedangkan untuk gantikan Foday kita siapkan Sultan Samma," lanjut eks arsitek Sriwijaya FC U-21 tersebut.

Bagaimana calon lawan? Kas menilai P-MU sebagai salah satu klub patut diperhitungkan dalam kompetisi ISL. Beberapa pemain tuan rumah dinilai menjadi ancaman. Sebut saja Zainal Arif dan Osas Saha.
     
Kedua pemain ini dinilai patut diberi perhatian ekstra. Ia akan mempersiapkan dua pemain untuk menempel pergerakan Arif dan Osas. "Keduanya tidak akan kami biarkan berlama-lama mainkan bola. Osas dan Arif juga tidak akan kami bolehkan masuk kotak penalty," ujar dia.
     
Untuk target Kas optimistis Ponaryo Astaman dan kawan-kawan mampu meraih poin. Indikasinya pada tiga laga terakhir, dimana mereka selalu meraih kemenangan. Masing-masing atas Persegres dengan skor 4-3 di Gresik (1/3), dari Persib 2-1 di Jakabaring, (9/3) dan 2-0 atas Persita di Jakabarng, (9/3) lalu.
     
"Kuncinya kita harus disiplin, perposisi dan lebih tenang. Meski tandang kami tetap tidak akan main bertahan. Bahkan kami bertekat untuk main menyerang sejak menit pertama," terang dia. 
     
Sriwijaya FC gelar uji coba lapangan, kemarin pagi. Menurut Kas semua pemain dalam kondisi siap tempur. Kashartadi mengakui ada pemain yang akan dicoba pada laga menghadapi tim asal Madura tersebut. "Untuk posisi jantung pertahanan kemungkinan besar kami bakal menurunkan duet pemain anyar Lee Dong Won dan Dodok Anang Zuanto. Kami juga akan beri peluang Aliyuddin turun menunjukkan kemampuannya," tandasnya. (ion/nan)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Persebaya IPL Gugat ke BAKI

Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler