Sriwijaya FC vs Borneo FC: Beban Berat si Tuan Rumah

Jumat, 02 Maret 2018 – 08:20 WIB
Pemain anyar Borneo FC Julien Faubert. Foto: Kaltim Post/JPNN

jpnn.com, SAMARINDA - Sriwijaya FC akan duel melawan Borneo FC di laga semifinal Piala Gubernur Kaltim 2018 di Stadion Palaran, Samarinda, Jumat (2/3) malam. Siaran Langsung MNC TV pukul 19.30 Wib.

Sungguh besar tekanan yang dihadapi Borneo FC. Selain menyandang status tuan rumah, mereka adalah juara bertahan. Peluang mempertahankan gelar terbuka jika Borneo FC bisa mengalahkan Sriwijaya FC.

BACA JUGA: 8 Tahun tak Jumpa, Persebaya vs Arema FC Bakal Seru

”Di mana-mana mempertahankan itu lebih sulit daripada merebut. Yang paling kami tekankan besok (hari ini, Red) pastinya masalah mentalitas,” kata pelatih Borneo FC Iwan Setiawan, Kamis (1/3).

Masalahnya, Sriwijaya adalah lawan yang tidak mudah dikalahkan. Dua kali Borneo harus mengakui ketangguhan Laskar Wong Kito –julukan Sriwijaya FC– pada Liga 1 musim lalu. Pesut Etam –julukan Borneo FC– kalah 0-1 di Samarinda dan Palembang.

BACA JUGA: Persebaya vs Arema FC: Laga Jaga Gengsi

Iwan mewaspadai kekuatan Sriwijaya musim ini yang semakin komplet. Termasuk dengan kehadiran penyerang Patrich Wanggai yang musim lalu membela Borneo.

”Kami harus disiplin, kerja keras, fokus, dan konsentrasi. Karena itu harga mati kalau kami ingin memenangi pertandingan,” tegas mantan pelatih Persebaya Surabaya tersebut.

BACA JUGA: Persebaya vs Arema FC, Rivalitas Panas

Borneo bakal menurunkan kekuatan penuh. Diego Michiels, Leonard Tupamahu, dan Srdan Lopicic yang disimpan pada laga terakhir melawan PSIS Semarang (27/2) disiapkan sebagai starter malam ini. Di sisi lain, Sriwijaya hanya kehilangan Yu Hyun-koo yang mengalami cedera kepala setelah berbenturan dengan pemain Persebaya Oktafianus Fernando.

Jika saat melawan Persebaya pelatih Sriwijaya Rahmad Darmawan menurunkan pemain pelapis, strategi itu tidak akan dilakukan di semifinal.

”Kami datang ke sini dengan tujuan membangun tim dan melatih pemain dalam kondisi pertandingan atau kompetisi sebelum Liga 1,” ujarnya.

Rahmad menambahkan, faktor tuan rumah dan dukungan suporter bakal menjadi motivasi besar bagi para pemain Borneo. Buktinya, Lerby Eliandry dkk tidak terkalahkan pada tiga pertandingan penyisihan grup A. (nia/c9/ca)

Perkiraan Pemain

Borneo FC (4-2-3-1): 20-M.Ridho; 24-Diego Michiels, 32-Leonard Tupamahu, 7-Azamat Baimatov, 17-Abdul Rahman; 33-Wahyudi Setiawan, 18-Julian Faubert; 11- Titus Bonai, 10-Srdan Lopicic, 9-Marlon Da Silva; 12-Lerby Eliandy (c)

Pelatih: Iwan Setiawan

Sriwijaya FC (4-3-3): 12-Teja Paku Alam (g); 22-Marckho Sandy, 26-Mahamadou N’Diaye, 23-Hamka Hamzah (c), 32-Alfin Tuasalamony; 35-Zulfiandi, 10-Makan Konate, 25-Syahrian Abimanyu; 11-Esteban Viscarra, 9-Alberto Goncalves, 63-Manuchekhr Dzalilov

Pelatih: Rahmad Darmawan

Stadion: Palaran, Samarinda

Live MNC TV Pukul 19.30 WIB

 

BACA ARTIKEL LAINNYA... Besok Lawan Sriwijaya FC, Persebaya Sudah Lolos ke Semifinal


Redaktur & Reporter : Soetomo

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler