Ssttt...Pekan Depan Kabareskrim Baru Bakal Diumumkan

Rabu, 17 Februari 2021 – 14:45 WIB
Ilustrasi Polri. Foto: dok.JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Posisi Kabareskrim Polri sampai saat ini masih kosong setelah ditinggalkan Jenderal Listyo Sigit Prabowo yang dilantik menjadi Kapolri.

Namun, dalam waktu dekat Korps Bhayangkara segera mengumumkan sosok pengganti Listyo itu. 

BACA JUGA: 5 Berita Terpopuler: Langkah Bu Risma Melambat, Juliari dan Edhy Pantas Dihukum Mati, Ancaman Novel Bamukmin

Ketua Presidium Indonesia Police Watch (IPW) Neta S Pane menyebut bahwa kemungkinan pekan depan sudah ada jenderal yang menjadi orang nomor satu di badan berlambang busur dan panah itu.

"Dengan berakhirnya Rapim Polri Rabu siang ini, IPW melihat penetapan Kabareskrim baru akan segera dilakukan, sehingga pekan depan diperkirakan sudah ada Kabareskrim baru," ujar Neta dalam keterangan kepada JPNN, Rabu (17/2).

BACA JUGA: Inilah Jenderal Calon Kabareskrim, Pernah Terlihat di DPR

Menurut Neta, tidak ada unsur ewuh pakewuh (tidak enakan) dari Kapolri Jenderal Listyo Sigit dalam memilih dan menetapkan Kabareskrim baru.

"Meski Sigit adalah paling junior dalam struktur elite Polri, IPW melihat Sigit bersikap mantap dan tegas dalam memilih Kabareskrim baru," tambah Neta.

BACA JUGA: Ganti Kapolri, Nama Satgas Tinombala Diubah Jadi Mandago Raya

Lanjut Neta menerangkan, penunjukan Kabareskrim  adalah kewenangan Kapolri, tetapi prosedurnya harus melalui Wanjakti yang dipimpin Wakapolri.

"Posisi Kabareskrim merupakan jabatan yang penting dan strategis di tubuh Polri. Posisi itu ujung tombak fungsi penegakan hukum di Indonesia," tegas Sigit.

IPW menilai Kapolri Sigit tentunya tidak mau mengambil risiko menunjuk seseorang yang belum dipercaya untuk menjadi Kabareskrim.

"Tentunya sebagai Kapolri, Sigit akan memilih orang yang betul-betul dia kenal agar konsep Presisi bisa berjalan maksimal. IPW yakin bahwa nama Kabareskrim baru itu sudah ada di tangan Sigit," tandas Neta. (cuy/jpnn)

Jangan Lewatkan Video Terbaru:


Redaktur & Reporter : Elfany Kurniawan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler