Standard Chartered Beberkan Solusi Strategis Perencanaan Keuangan di Tahun Pemilu

Kamis, 18 Januari 2024 – 20:15 WIB
Standard Chartered. Foto: Financial Express

jpnn.com, JAKARTA - Standard Chartered menggelar acara tahunan World of Wealth (WOW) yang ke-20 bertema 'Elevating Wealth and Building Legacies: Election Year'.

Khusus di Indonesia, penyelenggaraan pemilu 2024 juga diperkirakan akan berdampak signifikan terhadap dinamika perekonomian nasional.

BACA JUGA: Standard Chartered Bank Gelar Panel Diskusi di Ajang ASEAN Indo-Pacific Forum

Dilatarbelakangi sejumlah faktor tersebut, Standard Chartered menyajikan pandangan berharga dari para ahli di Standard Chartered, analis politik independen ternama, serta perwakilan dari berbagai manajer investasi terkemuka dalam acara WOW.

Mereka berbagi pandangan mengenai perkembangan iklim ekonomi dan politik menjelang pemilu, serta peluang bisnis dan investasi yang menarik di tahun 2024.

BACA JUGA: Natal Bersama Kementerian BUMN, SIG Boyong 26 Produk UMKM Binaan Anak Usahanya

Rino Donosepoetro, Vice Chairman ASEAN & President Commissioner Indonesia, Standard Chartered menjelaskan pihaknya percaya dan melihat adanya peluang besar di segmen perbankan ritel Indonesia yang terus berkembang secara pesat.

"Pada segmen ini, kami memutuskan untuk mengalihkan fokus bisnis kami kepada aspek digital partnership melalui pinjaman ritel digital dan model bisnis Banking-as-a-Service. Melalui strategi ini, kami bertujuan untuk lebih meningkatkan penetrasi di pasar mass market melalui investasi yang lebih tinggi di segmen digital," ujar Rino.

BACA JUGA: Bahas Keberlanjutan Industri Kemaritiman, BKI Gelar Rapat Majelis Awal 2024

"Basis klien ritel PUBLIC kami juga telah meningkat tiga kali lipat selama 12 bulan terakhir menjadi lebih dari 1 juta klien, dan besaran tersebut diperkirakan akan meningkat dua kali lipat pada tahun ini. Di segmen affluent, kami tentu saja akan terus mengembangkan bisnis Priority Banking dan Wealth Management melalui inovasi produk dan peningkatan layanan yang berfokus pada klien," imbuhnya.

Turut dikaji dalam ajang WoW adalah laporan Global Market Outlook 2024 yang belum lama ini dikeluarkan oleh Wealth Management Chief Investment Office (CIO) Standard Chartered, yang menguraikan strategi investasinya untuk tahun ini.

Dalam menyampaikan pandangan investasinya, Standard Chartered selalu mempertimbangkan aspek Today, Tomorrow and Forever.

Aspek Today berfokus pada saat ini dan memastikan aliran dana yang stabil dalam jangka waktu pendek dengan menyesuaikan kekayaan dan sumber penghasilan dengan pengeluaran.

Aspek Tomorrow memperkirakan pengeluaran di masa mendatang dan melakukan perencanaan yang baik atas kekayaan dan sumber penghasilan yang ada dapat digunakan seumur hidup.

Sementara itu, aspek Forever berfokus kepada apa yang ingin PUBLIC ditinggalkan untuk orang lain. Portfolio investasi pada umumnya diinvestasikan untuk jangka panjang termasuk bisnis.

“Standard Chartered terus berupaya secara konsisten menawarkan lini produk keuangan holistik, berorientasi gaya hidup, dan berpusat pada klien, yang memungkinkan Standard Chartered untuk semakin berasimilasi ke dalam kehidupan nasabah kami sebagai mitra tepercaya untuk membantu mereka mencapai tujuan mereka di setiap tahap kehidupan, baik hari ini, hari esok, dan selamanya," terang Head of Consumer, Private, and Business Banking, Standard Chartered Indonesia.(chi/jpnn)

Jangan Lewatkan Video Terbaru:


Redaktur & Reporter : Yessy Artada

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler