Start Indah di Awal Tahun

Jumat, 06 Januari 2012 – 13:44 WIB
BARCELONA - Start mantap dijalani Barcelona pada laga pertama tahun ini. Klub berjuluk Blaugrana itu menghabisi tamunya Osasuna empat gol tanpa balas pada first leg babak 16 besar Copa del Rey di Nou Camp, kemarin dini hari.
   
Memang, Osasuna bukanlah lawan sepadan buat mereka. Barca selalu berpesta gol ke gawang mereka dalam empat pertandingan sebelumnya. Sekarang dari lima pertandingan itu total Barca mengemas 19 gol tanpa balas.
   
Kemenangan telak yang membuat tugas Barca pada second leg (12/1) menjadi lebih ringan. Yang menjadi bintang dalam kemenangan itu adalah Cesc Fabregas dengan golnya pada menit ke-14 dan 18 serta Lionel Messi dengan golnya di menit ke-73 dan 90.
   
Messi sungguh istimewa pada pertandingan kemarin dini hari. Sebab, pada pagi harinya dia sempat sakit. Dia juga baru bergabung latihan mulai 3 Januari lalu karena mendapat izin liburan lebih lama pada Natal dan Tahun Baru di Argentina.
   
"Messi merasa tidak enak badan pagi ini (kemarin). Dia mengalami kram perut dan sedikit demam. Jadi, kami mengirimnya pulang ke rumah. Saya hanya mengatakannya kalau bisa datang menyaksikan pertandingan," kata Guardiola, seperti dikutip Soccernet.
   
Guardiola menjanjikan, kalau keadaannya membaik, dia boleh turun lapangan. "Dia menelpon saya tiga jam sebelum pertandingan dan bilang dia menginginkan untuk bermain. Karena itu sama menempatkannya di bangku cadangan," lanjutnya.
   
Makanya, Messi baru diturunkan di menit ke-59 menggantikan Pedro Rodriguez. "Kami mendapatkan pertandingan yang bagus dan saya memutuskan memainkannya selama 30 menit. Anda tahu sendiri kan bagaimana hasilnya," kata Guardiola.
   
Seiring kemenangan itu, Barca diperkirakan akan melaju mulus ke perempat final. Dengan begitu, mereka berpotensi besar bersua dengan pemenang antara Real Madrid atau Malaga. Pada first leg Real unggul 3-2, tapi segalanya belum pasti.
   
Namun, banyak yang memprediksi akan terjadi el clasico berikutnya pada perempat final Copa del Rey. "Segalanya belum usai, kami juga masih harus bertamu ke Pamploma pada second leg. Kami tidak boleh kehilangan kewaspadaan," kata Guardiola.
   
Guardiola masih enggan membicarakan soal el clasico. Tetapi bila terjadi, maka musim ini Barca bisa menjalani enam el clasico. Sebelumnya, mereka dua kali bersua di Piala Super Spanyol, lalu di paro pertama musim ini di Liga Primera dan nanti paro kedua.
   
Mengingatkan penggemar kedua klub akan musim lalu di mana terjadi lima el clasico, di Liga Primera, Liga Champions, dan final Copa del Rey. "Sebelum el clasico, kami masih harus menjalankan tugas pada second leg," jelas Guardiola. (ham)
BACA ARTIKEL LAINNYA... Suarez Akhirnya Minta Maaf

Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler