Statin Turunkan Keperkasaan Pria?

Jumat, 16 April 2010 – 10:47 WIB
SAN DIEGO- Anda pria dengan kolesterol tinggi? Dan untuk menurunkannya Anda mengkonsumsi obat jenis Statin? WaspadalahSebab hasil penelitian di Italia menunjukkan ada hubungan antara penggunaan obat Statin sebagai penurun kolesterol itu dengan disfungsi ereksi ereksi pada pria

BACA JUGA: Disiapkan, Viagra untuk Wanita

Dalam penelitian itu, Statin juga dipercaya menurunkan tingkat produksi testosteron pada pria.

"Penelitian kami sudah menemukan sinyal itu yang layak untuk diobservasi," kata DR Irwin Goldstein, direktur Seksologi di RS Alvarado, San Diego yang juga editor Journal of Sexual Medicine
Laporan ini diterbitkan dalam edisi April.

Goldstein juga mencatat dalam praktiknya, ia menemukan pasien yang bisa melakukan hubungan beberapa kali dalam seminggu mengatakan bahwa kinerja seksual mereka menurun setelah mengkonsumsi Statin

BACA JUGA: Obesitas Berisiko Lahirkan Bayi Cacat Jantung

Penelitian yang sama juga dilakukan di Amerika Serikat
Mereka menyimpulkan hasil yang kurang lebih sama dengan penelitian di Italia yang menyebut bahwa Statin akan mengurangi kemampuan seksual pria dan akan menjadi salah satu penyebab disfungsi ereksi.

Meskipun penelitian ini masih menjadi perdebatan di kalangan ilmuan.

Pria yang mengkonsumsi Statin dan mengalami masalah seksual tidak harus berhenti mengkonsumsi obat

BACA JUGA: Arsenik Mampu Atasi Leukemia

"Mereka harus ke dokter untuk tes darah," kata Goldstein seperti dikutif HealthDay News"Jika testosteron rendah, mereka tidak harus berhenti minum Statin tetapi harus memulai perawatan testosteron," tambahnya.

Penelitian Italia ini dinilai sangat penting karena yang pertama untuk membuka masalah ini kepada sebagain besar orang.

Satu penelitian di AS, melaporkan pada tahun 2007 oleh Institut Riset New England, tidak menemukan kadar testosteron lebih rendah dalam populasi umum laki-laki yang mengonsumsi StatinNamun, analisis rinci dari data yang ditemukan bahwa tingkat penurunan bisa dijelaskan oleh faktor-faktor lain, seperti obesitas dan diabetes, daripada menggunakan Statin.

Penelitian tersebut dilakukan karena laporan bahwa mungkin statin menurunkan risiko kanker prostat dengan mengurangi kadar testosteronTidak ada efek perlindungan seperti itu ditemukan.

Beberapa studi yang tersebar telah menemukan hubungan antara penggunaan statin dan tingkat yang lebih rendah hormon laki-laki"Tetapi bukti definitif tentang hubungan seperti itu akan memerlukan studi dengan hati-hati," kata Goldstein.(fuz/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Bayar Tagihan Listrik via SMS


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler