Statistik Untungkan Polandia

Jumat, 08 Juni 2012 – 13:31 WIB
Timnas Polandia
WARSAWA - Pesta sepakbola Eropa, Euro 2012 akan dibuka malam ini. Tuan rumah Polandia akan menggelar partai perdana melawan jawara Euro 2004 Yunani di National Stadium, Warsawa Polandia.

Polandia memang tidak pernah sekalipun mencicipi tropi Euro seperti yang dirasakan Yunani 2004 silam. Selain itu pemain Yunani lebih banyak mencicipi sejumlah liga utama Eropa dibanding Polandia.

Tapi melihat grafik permainan Polandia ditambah dukungan suporter tuan rumah maka tidak berlebihan jika Polandia lebih diunggulkan malam nanti. Dalam sejarah pertandingannya dua negara ini pernah bertemu 15 kali. 10 di antaranya dimenangkan oleh Polandia. Yunani menang tiga kali dan dua laga sisa berakhir imbang.

Selain itu meski tak banyak memiliki permain terkenal permainan kolektif yang ditunjukkan anak asuh Franciszek Smuda ini terlihat dengan tak terkalahkan dalam enam pertandingan terakhir. Kemenangan pamungkas diraih Polandia saat mencukur Andorra 4-0 dalam laga persahabatan, Sabtu (2/6) lalu.

Sementara Yunani dalam enam laga terakhir mereka hanya menang dua kali, satu kali kalah dan tiga lainnya berakhir imbang. Kemenangan terakhir Yunani didapat  saat unggul tipis 0-1 dari Armenia 26  Mei lalu.

Franciszek Smuda sendiri menargetkan anak asuhnya untuk mengemas hasil penuh dalam laga pembuka. Namun Smuda, menyadari betapa kokohnya benteng pertahanan Yunani yang harus ditembus. Karena itu jikapun tak bisa memetik hasil sempurna skor imbang menjadi asa terakhir.

"Jika kami mendapatakan hasil imbang, itu artinya kami akan bertahan di kompetisi," ujarnya seperti dikutip dalam situs resmi UEFA, Kamis (7/6).

"Yunani sempurna dalam bertahan...Ini akan menjadi tantangan besar untuk menembus  mereka," imbuhnya.

Sementara itu bagi pelatih  Yunani Fernando Santos, laga malam nanti merupakan debut perdananya bersama Yunani dalam kompetisi Eropa setelah menggantikan  Otto Rehhagel di kursi pelatih. Rehhagel sendiri merupakan sosok yang membawa Yunani juara di Euro 2004 lalu.

Di masa kepelatihan Santos kini, selain serangan balik cepat dan kolektifitas Yunani memang memiliki pertahanan yang kuat.

"Saya fikir pertahanan menjadi kunci sukses tim tapi menyerang dan bertahan sama pentingnya. Jika kami hanya bertahan kami tidak akan bisa berada di sini," ujarnya dalam situs yang sama. Lalu siapakah yang akan menang dalam laga pembuka kita tunggu saja.(zul/jpnn)

Berikut  catatan terakhir dua negara.

Pentas UEFA
29/04/87        Yunani - Polandia  1-0
15/10/86        Polandia - Yunani  2-1

Piala Dunia
19/05/85        Yunani – Polandia 1-4
17/10/84        Polandia -  Yunani 3-1

Laga Persahabatan
29/03/2011       Yunani- Polandia 0 - 0

Sumber: UEFA
BACA ARTIKEL LAINNYA... Waspadai Ronaldo, Paksakan Tiga Poin

Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler